(Peer Review + Similarity + Document) Pembelajaran STEAM-PjBL untuk Peningkatan Berpikir Kritis

Priantari, Ika and Prafitasari, Aulya Nanda and Kusumawardhani, Dwi Retno and susanti, siti (2020) (Peer Review + Similarity + Document) Pembelajaran STEAM-PjBL untuk Peningkatan Berpikir Kritis. Universitas Negeri Padang, Indonesia.

[img] Text
peer review STEAM.pdf

Download (480kB)
[img] Text
Similarity STEAM-PjBL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. bioedu.pdf

Download (857kB)

Abstract

Era revolusi industri 4.0 mempengaruhi kehidupan masyarakat, begitu pula dengan sistem pendidikan dan pembelajaran siswa. Dunia pendidikan harus mampu menciptakan dan merancang pembelajaran kecakapan hidup abad 21 yang salah satunya adalah kecakapan berpikir kritis. Upaya dilakukan dengan menerapkan pendekatan STEAM dan menggunakan model PjBL. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan Jember, kelas kontrol VII B dan kelas eksperimen VII A. Materi KD. 3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya terhadap ekosistem. Hasil dari nilai sig (2-tailed) adalah 0,046 yang menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulannya, pendekatan STEAM dan model PjBL berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: STEAM, PjBL, critical thinking, 21st century skills, environmental pollution
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: PRAFITASARI AULYA NANDA
Contact Email Address: aulya.prafitasari@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2021 01:00
Last Modified: 21 Oct 2021 07:34
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12013

Actions (login required)

View Item View Item