(Peer Review + Similarity + Document) Pembelajaran STEAM-PjBL untuk Peningkatan Berpikir Kritis
Priantari, Ika and Prafitasari, Aulya Nanda and Kusumawardhani, Dwi Retno and susanti, siti (2020) (Peer Review + Similarity + Document) Pembelajaran STEAM-PjBL untuk Peningkatan Berpikir Kritis. Universitas Negeri Padang, Indonesia.
![]() |
Text
peer review STEAM.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text
Similarity STEAM-PjBL.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
4. bioedu.pdf Download (857kB) |
Abstract
Era revolusi industri 4.0 mempengaruhi kehidupan masyarakat, begitu pula dengan sistem pendidikan dan pembelajaran siswa. Dunia pendidikan harus mampu menciptakan dan merancang pembelajaran kecakapan hidup abad 21 yang salah satunya adalah kecakapan berpikir kritis. Upaya dilakukan dengan menerapkan pendekatan STEAM dan menggunakan model PjBL. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan Jember, kelas kontrol VII B dan kelas eksperimen VII A. Materi KD. 3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya terhadap ekosistem. Hasil dari nilai sig (2-tailed) adalah 0,046 yang menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulannya, pendekatan STEAM dan model PjBL berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | STEAM, PjBL, critical thinking, 21st century skills, environmental pollution |
Subjects: | 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | PRAFITASARI AULYA NANDA | aulya.prafitasari@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 01:00 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:34 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12013 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |