Analisis Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan di RSUD Genteng Kabupaten Banyuwangi

SAPUTRA, HENDRIK DWI (2016) Analisis Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan di RSUD Genteng Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
JURNAL hendrik.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12-ABSTRAK.pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Berbicara mengenai kualitas merupakan proses yang tiada akhir, maka untuk mewujudkan kualitas pelayanan yang tinggi diperlukan perubahan internal dari organisasi dan keterlibatan dari masyarakat sebagai konsumen. Tidak kalah pentingnya indikator dari kualitas pemberi pelayanan publik adalah peran masyarakat sebagai pengguna layanan publik. Peran masyarakat dalam transaksi layanan publik terletak pada kemampuannya dalam menunjukkan kehendak, tuntutan, harapan, serta penilaian dan kepuasannya terhadap layanan dan jasa publik. RSUD Genteng Kabupaten Banyuwangi sebagai salah satu institusi pelayanan publik yang melaksankan pelayanan kesehatan rawat jalan kepada masyarakat mau tidak mau harus memberikan pelayanan yang berkualitas untuk meningkatkan kepuasan pasiennya. Dalam menggambarkan kualitas pelayanan kesehatan digunakan model ServQual yang dikembangkan Parasuraman dan Berry yang terdiri dari lima dimensi kualitas pelayanan yaitu: tangible (bukti langsung), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan emphaty (empati). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan di Genteng Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak sebagai tambahan wawasan mengenai kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan di rumah sakit. Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Genteng Kabupaten Banyuwangi pada tanggal 16 November – 11 Desember 2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebesar 60 orang dengan distribusi masing-masing poliklinik yang diteliti sejumlah 20 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Poliklinik yang diteliti adalah Poliklinik Penyakit Dalam, Radiologi dan Rawat Darurat. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik kuisioner digunakan untuk memperoleh data mengenai harapan dan persepsi responden terhadap kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan di RSUD Genteng Kabupaten Banyuwangi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis ServQual yaitu dengan menghitung skor ServQual dari harapan dan persepsi responden. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pelayanan kesehatan rawat jalan di RSUD Genteng Kabupaten Banyuwangi dikategorikan tidak baik yaitu dengan skor ServQual -2,2 (negatif) yang berarti skor harapan melampaui persepsi atau kenyataan yang dirasakan oleh responden. Untuk itu disarankan pada pihak rumah sakit untuk meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya pada rawat jalan dalam dimensi tangible (bukti langsung), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan; Service Quality
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 15 Jan 2019 02:47
Last Modified: 14 Oct 2019 01:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item View Item