Penerapan Data Mining Untuk Klasifikasi Gaya Belajar Siswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus : Smp Negeri 2 Mayang)



Sari, Dinda Novita (2021) Penerapan Data Mining Untuk Klasifikasi Gaya Belajar Siswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus : Smp Negeri 2 Mayang). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (855kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data mining merupakan serangkaian proses yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang berguna dari database yang besar. SMP Negeri 2 Mayang merupakan Sekolah Menengah Pertama yang ada di kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Pada proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Mayang, masih banyak murid yang tidak fokus atau tidak memiliki keinginan untuk belajar. Kemungkinan besar ketidak cocokan gaya belajar dan metode belajar yang guru berikan. Oleh karena itu, penulis melakukan analisis data mining terhadap data murid agar data tersebut dapat berubah menjadi informasi yang berharga bagi murid dan guru di SMP Negeri 2 Mayang. Penulis menggunakan hasil data kuisioner pada siswa-siswi kelas 8 & 9 sebanyak 138 data siswa-siswi. Dalam melakukan analisis ini, penulis menggunakan tools Weka dengan algoritma C4.5 dengan 6 atribut. Perhitungan menggunakan metode cross validation menghasilkan rata-rata nilai Correctly Classified Instances 80,03% dan Incorrectly Classified Instances 19,97%. Berdasarkan hasil evaluasi menggunakan algoritma C4.5 gaya belajar pada siswa berpengaruh dengan cara mengingat dan hobi pada masing-masing siswa.
Kata kunci : Data mining, Algoritma C4.5, Gaya Belajar

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Oktavianto, Hardian
nidn0722108105
UNSPECIFIED
Saifudin, Ilham
nidn0731108903

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Data mining, Algoritma C4.5, Gaya Belajar
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 622 Mining and Related Operations
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 17 Nov 2021 01:47
Last Modified: 17 Nov 2021 01:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12193

Actions (login required)

View Item View Item