Dwi Nurcahyanti, Mega (2021) Gaya Belajar Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa-Siswi Kelas X MIPA 1 Di SMA Negeri 3 Bondowoso. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
K. ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Gaya belajar merupakan cara yang konsisten yang dilakukan oleh siswa dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berpikir, dan memecahkan soal. Gaya belajar dibagi menjadi tiga yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Prestasi belajar merupakan hasil kegiatan belajar, yaitu sejauh mana peserta didik menguasai bahan pelajaran yang diajarkan, yang diikuti oleh munculnya perasaan puas bahwa ia telah melakukan sesuatu dengan baik. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana jenis- jenis gaya belajar siswa-siswi kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 3 Bondowoso pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan bagaimana prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa-siswi kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 3 Bondowoso menurut gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis-jenis gaya belajar siswa-siswi kelas X MIPA 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Bondowoso dan mendeskripsikan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa- siswi kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Bondowoso menurut gaya belajarnya. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa respon siswa-siswi kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 3 Bondowoso pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sumber data penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 3 Bondowoso. Tempat dan waktu penelitian di SMA Negeri 3 Bondowoso, dan waktu penelitian dilakukan pada awal bulan April hingga selesai. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket yang dibagikan kepada siswa-siswi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Teknik pengujian kesahihan data berupa teknik perpanjang pengamatan. Hasil dari penelitian ini adalah data berupa jenis gaya belajar dan prestasi belajar yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Bondowoso. Dari data tersebut, ditemukan tiga jenis gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Prestasi belajar siswa-siswi kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Bondowoso yang diperoleh dari rata-rata nilai harian dan nilai tengah semester.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Prestasi Belajar | |||||||||
Subjects: | 100 Philosophy > 101 Theory of Philosophy 100 Philosophy > 101 Theory of Philosophy > 107 Education, Research 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Mega Dwi Nurcahyanti | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | megadwi0406@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 23 Dec 2021 00:57 | |||||||||
Last Modified: | 23 Dec 2021 01:01 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12384 |
Actions (login required)
View Item |