(Peer review + Similarity + Document) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Religiusitas Siswa MTsN Arjasa Jember
MULYADI, MULYADI and ISTIQOMAH, ISTIQOMAH (2017) (Peer review + Similarity + Document) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Religiusitas Siswa MTsN Arjasa Jember. Fakultas Psikologi Unmuh Jember, Jember.
| ![PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA MTsN ARJASA JEMBER.pdf [thumbnail of PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA MTsN ARJASA JEMBER.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA MTsN ARJASA JEMBER.pdf Download (258kB) | 
| ![Perer Review Publikasi Istiqomah (Layanan Konseling).pdf [thumbnail of Perer Review Publikasi Istiqomah (Layanan Konseling).pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Perer Review Publikasi Istiqomah (Layanan Konseling).pdf Download (2MB) | 
| ![PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA MTsN ARJASA JEMBER.pdf [thumbnail of PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA MTsN ARJASA JEMBER.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA MTsN ARJASA JEMBER.pdf Download (1MB) | 
Abstract
Penelitian  ini  dilakukan  di MTsN  Arjasa  Jember.  Masalah  yang  dikaji  adalah upaya  sekolah  dalam meningkatkan  religiusitas  siswa  MTsN Arjasa  melalui  layanan konseling  kelompok.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh layanan  konseling  kelompok  sebagai  upaya  sekolah  untuk  meningkatkan  religiusitas siswa.
Metode  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  skala  psikologi,  yaitu  skala
konseling kelompok dan skala religiusitas siswa dengan jenis skala Summerated Rating, atau lebih dikenal dengan skala Likert. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa  kelas  VII dan  VIII.  Teknik  analisa  data  yang digunakan  dalam  penelitian  ini adalah regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap religiusitas siswa.
Berdasarkan   analisa   data   penelitian   ditemukan   adanya   pengaruh   layanan konseling kelompok terhadap religiusitas siswa dengan kontribusi sebesar 8,8%. Serta terdapat   faktor   lain   yang  berpengaruh   cukup   besar   terhadap   religiusitas   remaja diantaranya,  yaitu:  faktor  keluarga  merupakan  faktor paling  dominan  mempengaruhi religiusitas remaja. Selain itu, faktor pengalaman dan faktor kebutuhan terhadap agama juga dapat  berpengaruh  dalam  mengembangkan  religiusitas  siswa.  Berdasarkan  hasil penelitian  dan  analisa  data  diketahui  tingkat  religiusitas  yang  dimiliki  siswa  MTsN Arjasa tergolong  tinggi  yaitu sebesar 78,7% sedangkan  siswa yang memiliki  tingkat religiusitas  sedang  sebesar  21,3%.  Temuan  lain  dalam  penelitian  ini  adalah  bahwa remaja  dapat  lebih mengembangkan  religiusitas  mereka,  diantaranya  dengan memperdalam ilmu agama, bersungguh-sungguh dalam kegiatan keagamaan, seperti pengajian dan sholat berjamaah.
Kata Kunci: Konseling kelompok, religiusitas siswa.
[error in script]
| Item Type: | Peer Review | 
|---|---|
| Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology | 
| Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | 
| Depositing User: | Istiqomah Istiqomah | istiqomah@unmuhjember.ac.id | 
| Date Deposited: | 16 Feb 2022 08:08 | 
| Last Modified: | 16 Feb 2022 08:08 | 
| URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12955 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      