(Peer Review + Document + Similarity) MENGEMBANGKAN KEPEKAAN SCHOOL READINESS PADA GURU PAUD
ISTIQOMAH, ISTIQOMAH (2014) (Peer Review + Document + Similarity) MENGEMBANGKAN KEPEKAAN SCHOOL READINESS PADA GURU PAUD. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember.
| ![Mengembangkan Kepekaan School Readiness Pada Guru PAUD.pdf [thumbnail of Mengembangkan Kepekaan School Readiness Pada Guru PAUD.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Mengembangkan Kepekaan School Readiness Pada Guru PAUD.pdf Download (359kB) | 
| ![Perer Review Publikasi Istiqomah (Mengembangkan Kepekaan).pdf [thumbnail of Perer Review Publikasi Istiqomah (Mengembangkan Kepekaan).pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Perer Review Publikasi Istiqomah (Mengembangkan Kepekaan).pdf Download (2MB) | 
| ![Mengembangkan Kepekaan School Readiness Pada Guru PAUD.pdf [thumbnail of Mengembangkan Kepekaan School Readiness Pada Guru PAUD.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Mengembangkan Kepekaan School Readiness Pada Guru PAUD.pdf Download (2MB) | 
Abstract
Pola komunikasi antara guru dan siswa adalah pola komunikasi antar pribadi   atau   interpersonal   communication.   Hal   ini   sesuai   dengan   yang diungkapkan oleh Pace bahwa ”interpersonal communication is communication involving two or more people in a face to face setting”. Jadi dalam setting pendidikan sekalipun, kemampuan komunikasi interpersonal menjadi sangat penting untuk dapat dipahami dan dikuasai oleh mereka yang mempunyai profesi yang  berhubungan  dengan  orang  lain,  misalnya  seorang  pendidik  atau  guru (Rozaq, 2012).
Mencermati permasalahan diatas, penting untuk kemudian mendapatkan gambaran pemahaman guru tentang kesiapan sekolah (school readiness). Berangkat  dari  gambaran  pemahaman  tersebut,  kita  dapat  mengembangkan bentuk intervensi yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mendampingi anak menjadi siap sekolah (school readiness).
Pelatihan ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan pemahaman guru tentang kesiapan sekolah (school rediness) pada siswa TK; 2) Meningkatkan komitmen guru untuk mengembangkan sekolah ramah anak. Kegiatan dilakukan dalam bentuk Pelatihan Kesiapan Sekolah (School Readiness) bagi Guru TK ABA se Kabupaten Jember. Pelatihan dilakukan dalam beberapa tahapan: 1) Tahap Eksplorasi Masalah; 2) Mengenal kesiapan masuk SD pada anak; 3) Komitmen Sekolah Siap Anak.
Pelatihan menghasilkan capaian berikut ini: 1) Guru terkendala dalam membangun komunikasi dengan orang tua. Komunikasi cenderung berlangsung satu arah; 2) Guru memahami perlu adanya komunikasi yang sinergi antara guru, anak,  dan  orang  tua;  3)  berdasarkan  pemahaman  tentang  komunikasi  yang sinergis, guru membentuk forum komunikasi antara guru dan orang tua. Forum ini didukung oleh kebijakan PDM mengenai sekolah siap anak pada TK ABA se Kabupaten Jember.
Kata kunci: Kepekaan school readiness, guru PAUD
[error in script]
| Item Type: | Peer Review | 
|---|---|
| Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology | 
| Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | 
| Depositing User: | Istiqomah Istiqomah | istiqomah@unmuhjember.ac.id | 
| Date Deposited: | 22 Feb 2022 04:16 | 
| Last Modified: | 22 Feb 2022 04:16 | 
| URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13121 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      