Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan jasa pada depo air minum isi ulang AQUA'e dengan menggunakan metode IPA (Importance Performance Analycis)

Islami, Alfian Figh (2022) Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan jasa pada depo air minum isi ulang AQUA'e dengan menggunakan metode IPA (Importance Performance Analycis). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A.AWALAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (726kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (658kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini, jumlah perusahaan air minum tumbuh pesat. Kondisi ini membuat level tinggi . Persaingan antara perusahaan di Probolinggo harus memiliki strategi untuk bertahan dalam bisnis air minum dalam kemasan. Selain itu, sejumlah perusahaan besar juga mengambil peluang untuk memperluas bisnis air minum dalam kemasan, tidak hanya ke dalam kategori ukuran besar tetapi juga keukuran kecil seperti AQUA‟e Probolinggo. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 98 responden, dan diproses dengan menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA) untuk membandingkan antar pelanggan harapan dan kinerja perusahaan. Ada enam faktor yang harus dibayar perusahaan perhatian dan itu ditunjukkan dalam Diagram Cartesian. Pada kuadran I nilai rata-rata importance sebesar 4.25 dan rata- rata performance 4.24, maka atribut yang berada dikuadran I perlu diprioritaskan dan ditingkatkan. Pada kuadran II atribut yang berada dikuadran II perlu pertahankan. Atribut yang masuk pada kuadran III artinya ini memiliki tingkat kinerja dibawah rata-rata tetapi dan dinilai kurang baik oleh responden dan tingkat kebutuhannya cukup tinggi, sehingga tingkat nilai kepuasan konsumen masih kurang atau belum memuaskan. Pada kuadran III maka atribut yang berada dikuadran III perlu diprioritaskan. Pada kuadran IV atribut yang berada dikuadran IV akan menyebabkan pemborosan pada sumber daya. Hasil perhitungan tingkat kesesuaian responden dari keseluruhan atribut kualitas layanan yang meliputi bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati menghasilkan kepuasan 98%- 100%.Artinya bahwa tingkat kepuasan pelanggan adalah sangat puas.Pada penelitian ini posisi AQUA-e Probolinggo berada di posisi kuadran 2, artinya bahwa atribut kualitas layanan patut dipertahankan untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: AQUA’e Probolinggo, Analisis Kepuasan Pelanggan, Importance Performance Analysis
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business
600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Alfian Figh islami
Date Deposited: 26 Feb 2022 04:27
Last Modified: 26 Feb 2022 04:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13217

Actions (login required)

View Item View Item