(Peer Review + Document + Similarity) SCHOOL READINESS ANAK DITINJAU DARI PERSEPSI TERHADAP POLA KOMUNIKASI DENGAN ORANG TUA

ISTIQOMAH, ISTIQOMAH (2013) (Peer Review + Document + Similarity) SCHOOL READINESS ANAK DITINJAU DARI PERSEPSI TERHADAP POLA KOMUNIKASI DENGAN ORANG TUA. In: Parenting Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Bangsa.

[img] Text
Prosiding School Readiness.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstraksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi anak tentang pola komunikasi orang tua dengan capaian kesiapan sekolah (school readiness) mereka, utamanya dalam memasuki masa transisi dari TK ke SD. Memperkuat peran orang tua merupakan salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kesiapan anak masuk sekolah. Anak akan beradaptasi dengan lebih baik, ketika dia mendapat dukungan dan penerimaan dari orang tua, guru, dan teman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang dilakukan di SDIT Harapan Ummat Jember dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa kelas 1. Kesiapan sekolah diukur dengan Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST), sedangkan persepsi terhadap pola komunikasi orang tua diukur dengan yang diadaptasi dari Parent-Child Communication Scale. Data penelitian dianalisis dengan teknis analisis regresi sederhana.Adapun hasilnya menunjukkan nilai R = 0,199 dengan R2 = 0,039 artinya persepsi anak terhadap pola komunikasi orang tua memberikan sumbangan sebesar 3,9% bagi capaian kesiapan sekolah. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan nilai F hitung sebesar 0.273 dengan mempergunakan signifikansi sebesar 0.05, sedangkan F tabel ditemukan sebesar 7.94. Selanjutnya terlihat bahwa F hitung ≤ F tabel, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi anak tentang pola komunikasi dengan orang tua tidak berpengaruh terhadap kesiapan sekolah mereka. Kata kunci:persepsi, pola komunikasi dengan orang tua, school readiness

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Istiqomah Istiqomah
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:18
Last Modified: 11 Mar 2022 06:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13325

Actions (login required)

View Item View Item