SUSANTI, ARI (2021) (PEER REVIEW + SIMILARITY + DOCUMENT) DRAMA KOREA RASA KOPIKO. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, Jember - Indonesia.
Text
BUKTI KEGIATAN (Hal. Sampul, Redaksi, Daftar Isi, Artikel).pdf Download (362kB) |
|
Text
TURNITIN 5% - DRAMA KOREA RASA KOPIKO.pdf Download (3MB) |
|
Text
5 PEER REVIEWER 5.pdf Download (757kB) |
Abstract
Kopiko merupakan merek permen rasa kopi asal Indonesia yang diproduksi oleh PT Mayora Indah Tbk. Kemunculan iklan permen kopiko di drama Korea Vincenzo sempat membuat heboh penonton Indonesia. Meskipun produk Kopiko sudah dikenal beberapa negara dan memproduksi iklan secara berkala, namun masyarakat Indonesia acuh bahkan tidak tahu tentang hal tersebut. Fenomena ini menarik untuk dikaji dari aspek komunikasi pemasaran di mana Kopiko berupaya menggunakan strategi pemasaran alternatif dengan dengan menjadi sponsor dalam sebuah Drama Korea. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis fenomena iklan kopiko yang muncul di drama Korea Vincenzo secara luas dan gamblang. Drama Korea telah diterima masyarakat Indonesia pada khususnya para penggemarnya. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa jumlah penggemar drama Korea di Indonesia, reputasi Kopiko, dampak di rumah saja selama pandemi Covid 19 hingga ditandatangani kerjasama perdagangan Indonesia dan Korea Selatan semakin memuluskan jalan Kopiko menjadi sponsor dalam drama Korea Vincenzo 2021.
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Subjects: | 300 Social Science |
Divisions: | Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1) |
Depositing User: | ARI SUSANTI |
Contact Email Address: | ari.susanti@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 11 Jun 2022 03:21 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 07:40 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13849 |
Actions (login required)
View Item |