(Peer Review + Similarity + Document) Kreatifitas Guru Mendesain Pembelajaran: Kajian Fenomenologi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Mufaridah, Fitrotul and Yono, Topo and Ihtiar, M. Fikrul and Raharjo, Pandutama (2022) (Peer Review + Similarity + Document) Kreatifitas Guru Mendesain Pembelajaran: Kajian Fenomenologi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Sulawesi Barat.

[img] Text
2022_Topo Yono_Kreatifitas Guru.pdf

Download (221kB)
[img] Text
2022_Topo Yono_Turnitin Artikel Kreativitas Guru.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2022_Kreatifitas Guru Mendesain_Peer Review.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini didesain oleh guru dengan sering kali dinilai tidak normal karena berbeda dari aktifitas pembelajaran pada saat normal. Baik guru maupun siswa mengalami kendala-kendala dalam menjalankan pembelajaran, baik dalam bentuk offline maupun online. Untuk itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana fenomena pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di Bangkalan Madura, dan bagaimana kreatifitas guru dalam mendesain pembelajarannya. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan pengamatan dokumen desain pembelajaran yang dijalankan di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dua fenomena yang berbeda atas perubahan bentuk pelaksanaan pembelajaran dan desain pembelajaran kreatif yang dijalankan oleh dua guru dari sekolahan yang berbeda di Bangkalan Madura. Perubahan bentuk terjadi mengacu pada aspek aksesibilitas pelaksanaan pembelajaran dengan memperhatikan ke ndala yang dihadapi, baik guru maupun siswa. Perubahan bentuk ini memberi guru tantangan literasi, baik literasi digital maupun kreatifitas. Penelitian ini membuktikan bahwa kreatifitas guru dalam mewujudkan pembelajaran abad 21 di masa pandemi ini menjadi semakin terasah. Dua fenomena perubahan bentuk pelaksanaan pembelajaran dan kreatifitas desain pembelajaran yang dijalankan guru pada masa pandemi ini bisa menjadi contoh atau acauan bagi guru lain dalam menjalankan pembelajaran blended atau online learning di masa pandemi.

Item Type: Peer Review
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Physical and Sport Education (S1)
Depositing User: Topoyono Topoyono
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:01
Last Modified: 15 Jun 2022 01:01
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13884

Actions (login required)

View Item View Item