Representasi Kasih Sayang Dalam Iklan Layanan Masyarakat "Pekerja Rantau 60s" (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure)

Soraya, Farahilah Maitsa (2022) Representasi Kasih Sayang Dalam Iklan Layanan Masyarakat "Pekerja Rantau 60s" (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL.pdf

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempresentasikan kasih sayang yang terdapat pada Iklan Layanan Masyarakat Pekerja Rantau: 60s. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis Semiotika teori Ferdinand de Saussure yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified), Sinkroni dan Diakroni, Langue dan Parole, Hubungan Sintagmatik dan Hubungan Paradigmatik. Peneliti memilih Iklan Layanan Masyarakat berjudul Pekerja Rantau 60s yang di unggah pada akun Youtube KEMENDIKBUD RI sebagai objek penelitian. Iklan ini menunjukkan bagaimana representasi kasih sayang seorang dan ibu dalam menghadapi virus Covid-19. Penelitian ini diperkuat dengan teori-teori milik para ahli yang menampilkan tanda-tanda kasih sayang seorang ibu kepada anaknya dan juga sebaliknya. Hasil penelitian ini adalah representasi kasih sayang yang muncul pada Iklan Layanan Masyarakat Pekerja Rantau: 60s, hal ini terbukti dari tanda-tanda representasi kasih sayang yang ditunjukkan pada scene dan dialog dari iklan yaitu rasa khawatir, kecewa, sedih, rindu dan rela berkorban demi orang yang disayang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Representasi Kasih Sayang, Iklan Layanan Masyarakat, & Semiotika Ferdinand De Saussure.
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Department: S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Farahilah Maitsa Soraya
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorCahyono, Hery BNIDN0713046301
Contact Email Address: farahilah.ms@gmail.com
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:54
Last Modified: 13 Jul 2022 01:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14054

Actions (login required)

View Item View Item