STUDI IN SILICO: EFEKTIVITAS SENYAWA AKTIF TANAMAN HERBAL Boesenbergia rotunda TERHADAP PENYAKIT DEMAM BERDARAH SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI VIRUS KELAS X

Hafid, Diana (2022) STUDI IN SILICO: EFEKTIVITAS SENYAWA AKTIF TANAMAN HERBAL Boesenbergia rotunda TERHADAP PENYAKIT DEMAM BERDARAH SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI VIRUS KELAS X. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (677kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia yang menjadi masalah paling penting terkait kesehatan yaitu penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh virus dengue. Dewasa ini, penggunaan herbal sebagai pengobatan non medis atau tradisional semakin berkembang. Salah satunya adalah menggunakan herbal temu kunci (Boesenbergia rotunda). Beberapa peneliti menyebutkan bahwa senyawa bioaktif yang dimiliki bisa mencegah pertumbuhan pada bakteri, khamir, maupun jamur. Masalah dalam penelitian ini adalah mekanisme penghambatan senyawa aktif pada temu kunci (Boesenbergia rotunda) terhadap penyakit demam berdarah secara In Silico yang kemudian dikembangkan dalam bentuk bahan ajar berupa majalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penghambatan senyawa aktif pada temu kunci (Boesenbergia rotunda) terhadap penyakit demam berdarah secara In Silico dan bagaimana memanfaatkannya sebagai sumber belajar biologi pada pokok bahasan Virus untuk Kelas X SMA/MA Penelitian ini dilaksanakan di gedung C lantai 3 Universitas Muhammadiyah Jember dan sekolah MAN 2 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan penelitian pengembangan dengan mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D (four-D). Akan tetapi tidak sampai pada tahap penyebaran dikarenakan dalam penelitian ini hanya ingin menguji kelayakan produk sampai batas validasi saja. Berdasarkan penelitian tentang Studi In Silico yang dikembangkan sebagai bahan ajar materi virus kelas X bahwa pada temu kunci memiliki beberapa senyawa aktif dengan nilai Pa tertinggi yaitu : E-geraniol dengan Pa 0,766 yang menghasilkan energy ikat sebesar -211,53 kal/mol, 5,7-Dihydroxy-8- C-geranylflavanone dengan Pa 0,703 yang menghasilkan energy ikat sebesar - 298,98 kal/mol, dan (-)-7,4'-Dihydroxy-5-methoxyflavanone dengan Pa 0,768 yang menghasilkan energy ikat sebesar -429,29 kal/mol. Kemudian pada hasil pengembangan bahan ajar dengan rata-rata nilai validasi sebesar 85,6% dengan kategori valid dan bahan ajar siap digunakan sebagai pembelajaran pada SMA/MA kelas X pokok bahasan Virus .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: dengue, temu kunci, In Silico
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Diana Hafid
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:52
Last Modified: 28 Jul 2022 06:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14429

Actions (login required)

View Item View Item