Sumariyah, Siti (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Siswa Kelas X Semeter I MA Fatahillah Suco Jember Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
artikel.pdf Download (0B) |
|
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf Download (0B) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (0B) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB I.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
MATRIKKU.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
Abstract
Kompetensi menulis itu penting, begitu menulis karangan narasi dalam pembelajaran. Ditemukan banyak siswa yang belum bisa menulis karangan narasi. untuk itu, penggunaan metode sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Metode konstruktivism merupakan suatu teknik pembelajaran yang melibatkan siswa membina sendiri secara aktif pengetahuan dengan pengetahuan yang telah siswa miliki sebelumnya sehinnga hasil belajar siswa meningkat pada pembelajaran karangan narasi. hipotesis yang berbunyi menulis karangan narasi dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi kelas X Semester I MA Fatahillah Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat meningkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas X dengan jumlah siswa 15 anak. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua kal,I siklus I dilaksanakan pada Senin 20 Oktober dan siklus II dilaksanakan pada senin 26 Oktober 2015 yang bertempat di ruang kelas X MA Fatahillah. Data dalam penelitian ini berupa hasil observasi, hasil wawancara, hasil tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dengan tes dan non tes. Hasil yang diperoleh ialah hasil belajar siswa sebelum dan setelah tindakan. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu pada siklus I kegiatan siswa memperoleh nilai 2,28 dengan aspek penilaian baik, sedangkan pada siklus II yang dilakukan siswa mendapatkan peningkatan nilai sebanyak 0,8 yaitu 3,5 dengan aspek penilaian baik. Hasil rata-rata yang diperoleh siswa dalam menulis karangan yaitu 55. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam menulis karangan narasi, hasil rata-rata yang diperoleh siswa dalam siklus I yaitu 52,7 sedangkan dalam tindakan siklus II diperoleh hasil rata-rata 75. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa setelah dilakukan tindakan nilai siswa semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Karangan Narasi , Pendekatan Konstruktivisme | |||||||||
Subjects: | ?? 421 ?? | |||||||||
Divisions: | ?? bhs_ind ?? | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI88201#PENDIDIKANBAHASADANSASTRAINDONESIA" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Users 16 not found. | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2019 04:01 | |||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2019 02:53 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1465 |
Actions (login required)
View Item |