Tipe Kalimat pada Karangan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Arjasa Tahun Pelajaran 2015/2016

Kuswandi, Wawan (2016) Tipe Kalimat pada Karangan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Arjasa Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
1.-COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAGIAN AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
bab-1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
bab-II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB-III1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB-VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Tipe kalimat memiliki peran penting dalam penulisan karangan. Tipe kalimat diperlukan dalam membuat kalimat agar susunan kalimatnya tepat artinya penempatan setiap unsur kalimat teratur mulai dari subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah tipe kalimat pada karangan pengalaman pribadi siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian adalah mendeskripsikan tipe kalimat pada karangan pengalaman pribadi siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu tipe kalimat pada karangan pengalaman pribadi siswa, sedangkan sumber data dalam penelitian ini yaitu karangan pengalaman pribadi siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, dokumen yang dimaksud adalah dokumen yang berupa penugasan kepada siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu; (a) membaca karangan pengalaman pribadi siswa, (b) menemukan atau menandai bagian tipe kalimat yang menjadi data penelitian, (c) mengidentifikasi atau mengklasifikasi data (tipe kalimat) sesuai dengan jenis data, (d) memasukkan data (tipe kalimat) ke dalam tabel data. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Prosedur analisis data meliputi; (a) reduksi data, (b) pemaparan data, (c) analisis data, dan (d) kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik validasi dari ahli. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat tipe kalimat yang digunakan oleh siswa. Tipe kalimat yang terdapat pada karangan pengalaman pribadi siswa meliputi; (1) S,P. (2) S,P,O. (3) S,P, Ket. (4) S,P,Pel, (5) S,P,O,Ket. Dam (6) S, P, O, Pel. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Arjasa menggunakan tipe kalimat khususnya dalam membuat karangan pengalaman pribadi memiliki perbedaan pada kemampuan, kosa kata, kreativitas, pengetahuan serta pengalaman dalam membuat karangan pengalaman pribadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tipe Kalimat, Karangan Pengalaman Pribadi Siswa
Subjects: 400 Language > 421 Writing System
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 14 Mar 2019 01:25
Last Modified: 08 Nov 2019 01:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1470

Actions (login required)

View Item View Item