PENGARUH KEMIRINGAN HULU PADA PEMODELAN HIDROLIK ALIRAN BENDUNG DENGAN MERCU TIPE OGEE



PRAMADHANI, MOH. ABDILLAH (2022) PENGARUH KEMIRINGAN HULU PADA PEMODELAN HIDROLIK ALIRAN BENDUNG DENGAN MERCU TIPE OGEE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. ABSTRAK.pdf] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 3. BAB II new.pdf] Text
3. BAB II new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB) | Request a copy
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 0. PENDAHULUAN SUDAH TTD.pdf] Text
0. PENDAHULUAN SUDAH TTD.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bangunan bendung yaitu sebuah konstruksi yang bertujuan untuk meninggikan muka air sungai dan mengalirkan sebagian aliran air sungai yang ada ke arah tepi kanan dan tepi kiri sungai untuk mengalirkan ke dalam saluran melalui sebuah bangunan pengambilan jaringan irigasi. Tujuan selebihnya adalah dengan naiknya muka air sehingga akan dapat digunakan untuk mengairi sawah. Bendung dirancang dan dibangun oleh tenaga teknik Indonesia, juga oleh tenaga ahli teknik asing yang datang ke Indonesia membawa konsep baru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi kemiringan hulu bendung tipe ogee terhadap karakteristik aliran dan pengaruh variasi kemiringan hulu bendung terhadap tinggi loncatan air dan bilangan Froude. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini adalah ketinggian awal loncatan air (Yu) didapatkan nilai paling tinggi yaitu pada kemiringan hulu bendung 1/0,6 dengan nilai 0,012 m dan untuk ketinggian loncatan air (Y2) didapatkan paling tinggi yaitu pada kemiringan hulu bendung 1/0,3 dengan nilai 0,107 m, dan untuk karateristik aliran yang terjadi Fr0 pada semua variasi kemiringan memiliki nilai Froude <1,00 yaitu aliran subkritis. Fr1 memiliki nilai Froude >1,00 yaitu aliran superkritis, bilangan Froude maksimal terjadi pada debit 0,0006 kemiringan hulu 1/0,3 dengan nilai Froude 15,732. Fr2 memiliki nilai Froude >1,00 dengan angka maksimal 1,877 pada kemiringan hulu 1/0,6.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
RIZAL, NANANG SAIFUL
NIDN0705047806
Dosen Pembimbing
PRIYONO, PUJO
NIDN0022126402

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Bendung, karateristik aliran, bilangan Froude.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Moh. Abdillah Pramadhani | abdillahpramadhani1412@gmail.com
Date Deposited: 23 Aug 2022 08:08
Last Modified: 23 Aug 2022 08:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15207

Actions (login required)

View Item View Item