Yuliasari, Windi Eka (2017) Campur Kode dalam Teks Cerpen Karya Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (497kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (241kB) |
||
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (96kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (302kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
Abstract
Campur kode adalah penggunaan dua buah bahasa atau lebih dalam tuturan dengan menyisipkan unsur-unsur bahasa yang satu ke dalam bahasa yang lainnya. Campur kode bukan hanya terjadi pada bahasa lisan, tetapi juga dapat terjadi dalam bahasa tulis, salah satunya teks cerpen karya siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jember. Permasalahan yang muncul dari latar belakang ada dua yakni: (1) bentuk campur kode apa saja yang ada pada teks cerpen karya siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017 dan (2) Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya campur kode pada teks cerpen karya siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk campur kode dan mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya campur kode pada teks cerpen karya siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi dan wawancara. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang diperoleh direduksi, disajikan, dan disimpulkan. Hasil kriteria analisis data menunjukkan bahwa ditemukan betuk campur kode internal, meliputi campur kode tataran kata, frasa, idiom, dan perulangan kata. Sedangkan campur kode eksternal meliputi campur kode tataran kata, frasa, klausa, idiom, dan baster. Dari bentuk campur kode tersebut yang paling sering digunakan siswa adalah campur kode eksternal, dan dari tataran campur kode yang paling sering digunakan adalah pada tataran kata. Faktor penyebab terjadinya campur kode meliputi faktor internal yang siswa dapatkan dari bahasa ibu, lingkungan sekolah dan sekitar, dan faktor eksternal yang siswa dapatkan dari lingkungan sekolah, dan pengaruh media elektronik dan media sosial, serta faktor alasan siswa menggunakan campur kode yaitu agar terlihat tidak formal, karena tidak mendapat padanan kata dalam bahasa Indonesia, reflek berbicara, dan agar terlihat prestise.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | campur kode, teks cerpen |
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 813 Indonesian Fiction |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI88201#PENDIDIKANBAHASADANSASTRAINDONESIA" not defined] |
Depositing User: | Hendri UF |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 06:31 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 09:18 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1533 |
Actions (login required)
View Item |