Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Berita Bermuatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Balung

Abdillah, Moh. Rizqi (2022) Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Berita Bermuatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Balung. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (610kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 01 Balung, peneliti menemukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita masih rendah. Banyak siswa yang masih mendapat nilai dibawah KKM pada menulis teks berita, yaitu dibawah 70. Hasil menunjukkan bahwa 26 dari 31 siswa masih mendapat nilai di bawah 70, namun 5 siswa telah mencapai nilai di atas 70. Buku Pengayaan Menulis Teks Berita Bermuatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat mendukung kegiatan belajar mengajar guru dan peserta didik di kelas. Dengan menyajikan beberapa materi dan mendesain prototipe yang sesuai kebutuhan buku pengayaan menulis teks berita yang bermuatan teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa, serta memaparkan kelayakan buku pengayaan menulis teks berita yang bermuatan teknologi informasi dan komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Terdapat sepuluh prosedur dalam model penelitian pengembangan Borg and Gall yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi yang dilakukan di SMP Negeri 01 Balung, pengembangan produk awal, uji validasi untuk mendapatkan penilaian dari para ahli apakah buku sudah layak untuk diuji cobakan, revisi produk dilakukan setelah mendapat penilaian dari para ahli, dan uji coba lapangan dilakukan setelah mendapat hasil validasi dengan kategori yang ditentukan. Hasil uji validitas buku pengayaan menulis teks berita yang bermuatan teknologi informasi dan komunikasi dari ahli bahan ajar pada diperoleh skor rata-rata 81,7 yang berarti termasuk dalam kategori “sangat baik” dan ahli materi diperoleh skor rata-rata 72,3 yang berarti termasuk dalam kategori “baik” dan sesuai serta tidak perlu direvisi. Hasil pengolahan kuesioner respon siswa terhadap produk buku pengayaan diperoleh nilai rata-rata 95,8 artinya buku pengayaan yang dikembangkan termasuk dalam kriteria “sangat baik” dan hasil dari kuesioner respon guru diperoleh skor rata-rata 80, dengan kategori “baik”. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah buku pengayaan menulis teks berita bermuatan teknologi informasi dan komunikasi untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Balung dapat dikatakan sangat baik dengan keterangan sangat layak, tanpa revisi untuk mendukung siswa dalam memahami materi menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pengayaan, Teknologi, Berita
Subjects: 800 Literature and Rhetoric
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Moh. Rizqi Abdillah
Date Deposited: 27 Oct 2022 06:53
Last Modified: 27 Oct 2022 06:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15435

Actions (login required)

View Item View Item