Prayuda, Gilang Surya (2022) Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran bagi Siswa Kelas IX SMPN 1 Songgon. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (818kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (397kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (813kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pengembangan media komik dalam pemanfaatan Media bagi siswa kelas IX SMPN 1 Songgon. Adapun dalam memilih pemanfaatan media komik untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran karena pencampuran gambar dan teks dalam komik dinilai dapat membangkitkan motivasi dan merangsang kegiatan belajar bagi peserta didik. Sehingga proses pembelajaran didukung dengan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan research and development. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, evaluation ). Uji coba produk dilakukan terhadap beberapa siswa di sekolah sebagai subjek uji coba produk. Siswa yang sesuai dengan pengembangan produk adalah siswa yang aktif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner atau angket terhadap Ahli materi, Ahli Media, dan juga kelompok siswa. Intrumen pengumpulan data berupa butir-butir pertanyaan terkait kelayakan media pengembangan komik. Analisis data yang digunakan yakni dengan melakukan Analisis Data Angket Validitas Ahli dan Analisis Data Angket Respon Siswa. Angket validitas ahli berisi kisi-kisi mengenai kriteria dari bahan ajar yang dikembangkan. Sementara data analisis angket respon siswa dianalisis menggunakan data kuantitatif untuk memperoleh informasi mengenai respon siswa dan kelayakan tentang media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil dari analisis data ini yaitu produk pengembangan yang dilakukan peneliti layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validitas menunjukkan bahwa produk komik yang dibuat dapat dipakai tanpa memerlukan revisi ataupun merubah isi ataupun bentuk komik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk komik dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Pembelajaran, Bahasa, Komik | |||||||||
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 807 Education and Research of Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | GILANG SURYA PRAYUDA | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | slamgilang@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2022 01:17 | |||||||||
Last Modified: | 31 Oct 2022 01:17 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15450 |
Actions (login required)
View Item |