Fajriya, Al Rohmatul (2023) PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA ANAK USIA DINI PADA FONOLOGI DI DUSUN MANGARAN DESA SUKAMAKMUR KECAMATAN AJUNG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (852kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (370kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (462kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
Abstract
Pemerolehan bahasa pada anak merupakan proses anak mengenal komunikasi dengan lingkungan. Pemerolehan bahasa pada anak terjadi bila anak sejak semula tanpa bahasa kini telah memperoleh suatu bahasa. Pada masa pemerolehan bahasa, anak-anak lebih mengarah pada fungsi komunikasi dari pada bentuk bahasanya. Untuk itulah mengapa anak usia 0-3 tahun akan mulai aktif dengan berbagai aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah pemerolehan bahasa pada anak usia 0- tahun, anak usia 1-2 tahun, dan anak usia 2-3 tahun pada tataran fonologi di dusun Mangaran Desa Sukamakmur Ajung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa pertama anak usia dini dari segi aspek fonologi. Jenis penelitian Kualitatif. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Data dalam penelitian ini meliputi aktivitas tuturan anak usia dini 0-3 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi dan teknik simak libat cakap. Analisis data yang digunakan yakni dengan menggunakan reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan metode padan berupa paparan hasil yang telah dilakukan peneliti. Hasil darianalisis data ini yaitu pemerolehan bahasa pertama pada anak usia 0-1 tahun belum dapat dikatakan sebagai bahasa, melainkan bunyi-bunyi bahasa dalam jumlah terbatas. Sementara pada usia 1-2 tahun disebut tahap membabel. Membabel merupakan suat bentuk latihan pada seorang bayi untuk mencerminkan kata-kata yang diucapkan oleh orang dewasa. Terakhir yaitu tahap pada usia anak 2-3 tahun yakni sudah mencapai tahap pemerolehan satu kata. Produksi bunyi bahasa tersebut untuk selanjutnya akan terus berkembang seiring dengan latihan-latihan yang dilakukan terus menerus sesuai dengan pertumbuhannya. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah pemerolehan bahasa pada anak akan terus berkembang sesuai dengan pertumbuhan organ-organ penghasil suaranya berdasarkan aspek fonologisnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemerolehan Bahasa, Aspek Fonologi | |||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Fajriya Al Rohmatul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 06:03 | |||||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 06:03 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16665 |
Actions (login required)
View Item |