(Document) Tinjauan Yuridis Terhadap Obyek Jaminan Fidusia yang Digadaikan Tanpa Persetujuan Penerima Fidusia (Studi Kasus di PT. Sinarmas Multifinance Cabang Jember)

Yunita Reykasari, Yunita Reykasari (2023) (Document) Tinjauan Yuridis Terhadap Obyek Jaminan Fidusia yang Digadaikan Tanpa Persetujuan Penerima Fidusia (Studi Kasus di PT. Sinarmas Multifinance Cabang Jember). Indonesian Journal of Law and Justice, Indonesia.

[img] Text
Tinjauan Yuridis Terhadap Obyek Jaminan Fidusia yang Digadaikan Tanpa Persetujuan Penerima Fidusia (Studi Kasus di PT. Sinarmas Multifinance Cabang Jember).pdf

Download (337kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang tinjauan yuridis terhadap obyek jaminan fidusia digadaikan tanpa persetujuan penerima fidusia. Tujuan dari penelitian ini, untuk menganalisa tinjauan yuridis obyek jaminan fidusia digadaikan tanpa persetujuan penerima fidusia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan perundang-undangan (statue approach) dan metode pendekatan kasus (case approach), Jenis penelitian adalah Yuridis normative artinya permasalahan yang diangkat, dibahas dan diuraikan dalam penelitian ini yang diutamakan dengan menerapkan kaidah-kaidah atau norma positif. Hasil penelitian mengungkapkan secara praktik banyak menemui kasus dengan kendala di lapangan. Pertama, Hal ini disebabkan pihak penerima fidusia masih banyak yang tidak mendaftarkan obyek jaminan fidusia. Kedua, masih dapat ditemui pihak pemberi fidusia yang melanggar ketentuan yang telah disepakati. walaupun obyek jaminan fidusia telah didaftarkan tetapi masih terdapat pemberi fidusia yang menggadaikan obyek jaminan fidusia tersebut. Adapun bentuk perlindungan hukum secara formil yang dapat dilakukan adalah dengan mendaftarkan obyek jaminan fidusia terhadap kantor pendaftaran fidusia. Langkah kedua dengan memberikan sebuah klausul untuk memberikan sanksi terhadap pihak pemberi fidusia.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Yuridis, Fidusia, Digadaikan
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 348 Laws, Regulations & Cases
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: SH MH Yunita Reykasari
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:04
Last Modified: 02 Jan 2024 01:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/20720

Actions (login required)

View Item View Item