Implementasi Market Basket Analysis Menggunakan Metode FP-Growth Dalam Transaksi Penjualan

Puspitasari, Dyah (2024) Implementasi Market Basket Analysis Menggunakan Metode FP-Growth Dalam Transaksi Penjualan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (839kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (789kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Unit usaha Koperasi As-Sakinah „Aisyiyah Jember berfungsi sebagai tempat pemasaran untuk hasil produksi ekonomi anggota „Aisyiyah. Selama ini, belum ada upaya atau strategi pemasaran yang dikembangkan untuk meningkatkan penjualan. Salah satu pendekatan atau strategi pemasaran yang dapat digunakan adalah memanfaatkan teknik data mining, seperti association rule, yang digunakan untuk mengolah data transaksi penjualan. Penelitian ini didasari oleh kebutuhan untuk memahami perilaku pembelian konsumen dan meningkatkan strategi pemasaran. Metode association rule yang digunakan adalah algoritma FP�Growth. Algoritma FP-Growth mengidentifikasi himpunan data yang paling sering muncul (frequent itemset) pada suatu kumpulan data menggunakan struktur data tree (FP-Tree). Dengan support 20% dan confidence 70%, ditemukan aturan asosiasi yang spesifik dan relevan pada data penjualan selama enam bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan algoritma FP-Growth efektif dalam mengidentifikasi pola pembelian konsumen. Untuk meningkatkan penjualan, disarankan untuk membuat paket bundling produk sembako dan menempatkan produk yang kurang diminati di meja kasir untuk menarik perhatian konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Pembelian Konsumen, Algoritma FP-Growth, Analisis Asosiasi, Strategi Pemasaran
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Informatika
Depositing User: Dyah Puspitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorYanuarti, RositaNIDN0629018601
Thesis advisorA'yun, QurrotaNIDN0703069002
Contact Email Address: dyahpuspitasaritekinfo@gmail.com
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:38
Last Modified: 27 Jun 2024 03:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21129

Actions (login required)

View Item View Item