Implementasi Market Basket Analysis Menggunakan Metode FP-Growth Dalam Transaksi Penjualan



Puspitasari, Dyah (2024) Implementasi Market Basket Analysis Menggunakan Metode FP-Growth Dalam Transaksi Penjualan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (839kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (789kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Unit usaha Koperasi As-Sakinah „Aisyiyah Jember berfungsi sebagai tempat
pemasaran untuk hasil produksi ekonomi anggota „Aisyiyah. Selama ini, belum
ada upaya atau strategi pemasaran yang dikembangkan untuk meningkatkan
penjualan. Salah satu pendekatan atau strategi pemasaran yang dapat digunakan
adalah memanfaatkan teknik data mining, seperti association rule, yang
digunakan untuk mengolah data transaksi penjualan. Penelitian ini didasari oleh
kebutuhan untuk memahami perilaku pembelian konsumen dan meningkatkan
strategi pemasaran. Metode association rule yang digunakan adalah algoritma FP�Growth. Algoritma FP-Growth mengidentifikasi himpunan data yang paling
sering muncul (frequent itemset) pada suatu kumpulan data menggunakan struktur
data tree (FP-Tree). Dengan support 20% dan confidence 70%, ditemukan aturan
asosiasi yang spesifik dan relevan pada data penjualan selama enam bulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan algoritma FP-Growth efektif
dalam mengidentifikasi pola pembelian konsumen. Untuk meningkatkan
penjualan, disarankan untuk membuat paket bundling produk sembako dan
menempatkan produk yang kurang diminati di meja kasir untuk menarik perhatian
konsumen.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Yanuarti, Rosita
NIDN0629018601
Dosen Pembimbing
A'yun, Qurrota
NIDN0703069002

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Pola Pembelian Konsumen, Algoritma FP-Growth, Analisis Asosiasi, Strategi Pemasaran
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Dyah Puspitasari | dyabpuspitasaritekinfo@gmail.com
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:38
Last Modified: 27 Jun 2024 03:38
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21129

Actions (login required)

View Item View Item