Efendi, Nur (2024) PENGARUH KINERJA ORGANISASI DAN INOVASI LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DENGAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KECAMATAN SE KABUPATEN BANYUWANGI. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (686kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (887kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) | Request a copy |
|
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (706kB) |
|
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Keberhasilan pemerintahan sangat ditentukan oleh kinerja atau kualitas pelayanan publik sebagai bentuk dari terlaksananya good governance. Kualitas pelayanan publik yang baik dan professional menjadi representasi dari keberhasilan dari kinerja manajemen pelayanan publik yang menjadi orientasi utama dari sektor pemerintahan. Secara umum, potret pelayanan publik di Indonesia saat ini masih dinilai kurang optimal, yang ditandai dengan layanan yang bertele-tele, mahal, dan kurangnya kompetensi aparatur pemerintah selaku petugas layanan. Kepuasan terhadap pelayanan publik menjadi isu penting dalam bidang manajemen pemerintahan di Indonesia khususnya pada tingkat pemerintahan daerah yang sangat dekat dengan masyarakat, dimana kepuasan publik menjadi indikator kunci kesuksesan pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kinerja organisasi dan inovasi layanan terhadap kepercayaan masyarakat dan kepuasan masyarakat di Kecamatan se Kabupaten Banyuwangi, mengetahui pengaruh kepercayaan masyarakat terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan se Kabupaten Banyuwangi, serta pengaruh kinerja organisasi dan inovasi layanan terhadap kepuasan masyarakat melalui kepercayaan masyarakat di Kecamatan se Kabupaten Banyuwangi sebagai varibael intervening. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Dalam hal ini melibatkan pengujian pengaruh kinerja organisasi dan inovasi layanan sebagai variabel independen (eksogen), kepercayaan masyarakat sebagai variabel intervening dan kepuasan masyarakat sebagai variabel dependen (endogen). Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kecamatan di Kabupaten Banyuwangi sebanyak 1.780.015 jiwa per Desember 2023 yang tersebar di 25 Kecamatan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Proportioned Stratified Random Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ditentukan mengacu Rumus Slovin sebanyak 400 responden. Sumber data penelitian adalah data jawaban responden atas kuesioner penelitian. Analisis data dalam penelitian ini digunakan SEM-PLS yang selanjutnya dianalisis dengan WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja organisasi dan inovasi layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan masyarakat di Kecamatan se Kabupaten Banyuwangi. Kinerja organisasi dan inovasi layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan se Kabupaten Banyuwangi. Kepercayaan masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan se Kabupaten Banyuwangi. Kinerja organisasi dan inovasi layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat melalui kepercayaan masyarakat di Kecamatan se Kabupaten Banyuwangi sebagai variabel intervening. Kata Kunci: Kinerja Organisasi, Inovasi Layanan, Kepercayaan Masyarakat, dan Kepuasan Masyarakat
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Organisasi, Inovasi Layanan, Kepercayaan Masyarakat, dan Kepuasan Masyarakat | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management | |||||||||
Divisions: | Graduate School > Magister Management (S2) | |||||||||
Department: | S2 Manajemen | |||||||||
Depositing User: | Nur Efendi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | fendieleven11@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2024 02:46 | |||||||||
Last Modified: | 02 Jul 2024 02:46 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21160 |
Actions (login required)
View Item |