ANALISIS KESULITAN GURU BIOLOGI DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA SE-KECAMATAN PAITON KABUPATEN PROBOLINGGO
Subhanallah, Subhanallah (2024) ANALISIS KESULITAN GURU BIOLOGI DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA SE-KECAMATAN PAITON KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (573kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (653kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pada penelitian ini berfokus untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi
guru biologi dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar di SMA SeKecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana kesulitan guru biologi dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar
di SMA Se-Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo dan bagaimana upaya
guru biologi dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar di SMA SeKecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini bertujuan Untuk
menganalisis kesulitan guru biologi dalam melaksanakan kurikulum merdeka
belajar di SMA Se-Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo dan untuk
mengetahui upaya guru biologi dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar
di SMA Se-Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.
Penelitian dilaksanakan di SMA Se-Kecamatan Paiton, Kabupaten
Probolinggo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode pengumpulan
data meliputi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data ini meliputi
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau validasi.
Berdasarkan hasil kesulitan guru biologi di SMA Se-Kecamatan Paiton,
Kabupaten Probolinggo, pada indikator kompetensi pedagogik yaitu; karakteristik
siswa, memahami pengetahuan konten pembelajaran dan cara mengajarkannya,
komponen modul ajar, serta fasilitas, pada indikator kompetensi kepribadian
yaitu; kesulitan berorientasi pada peserta didik, keterbatasan waktu, keberagaman
kebutuhan peserta didik, subjektivitas evaluasi, perbedaan pendapat atau
pendekatan, pada indikator kompetensi sosial yaitu; keterbatasan sumber daya,
tantangan dalam mengelola konflik, kurangnya pemahaman tentang evaluasi,
tantangan dalam menerapkan perbaikan, kesulitan dalam melibatkan semua pihak,
kurangnya waktu, pada indikator kompetensi profesional yaitu; kurangnya
pengetahuan konten, tidak memahami karakteristik peserta didik, kurangnya
pengetahuan tentang komponen kurikulum, tidak mengaitkan pengetahuan konten
dengan pengajaran, dengan upaya mengikuti Platfrom Merdeka Mengajar (PMM)
dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
ContributionContributor NameNIDN/NIDKDosen PembimbingMunandar, KukuhNIDN0014116401Dosen PembimbingEurika, NovyNIDN0014117901
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kesulitan guru biologi, kurikulum merdeka belajar, SMA |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | Subhanallah Subhanallah | subhanallahsubhan11@gmail.com |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 01:15 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 01:15 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21235 |
Actions (login required)
View Item |