Damayani, Widya Erin (2023) Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Al KAUTSAR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN (6).pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK (9).pdf Download (625kB) |
|
Text
C. BAB I (5).pdf Download (1MB) |
|
Text
D. BAB II (4).pdf Restricted to Repository staff only Download (766kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III (4).pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV (4).pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V (4).pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) | Request a copy |
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (497kB) |
|
Text
I. LAMPIRAN (7).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Widya,Erin 2023 “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK AL – Kautsar Kalibaru ”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Dra. Khoiriyah, M.Pd (2) Nuraini Kusumaningtyas, M.Psi Kata Kunci : kompetensi pedagogik guru,sosial Emosional Aspek sosial emosional anak merupakan aspek perkembangan yang berkenaan dengan kemampuan anak untuk belajar beradaptasi agar memahami situasidan emosi dalam berinteraksi dengan orang – orang disekitarnya, mendengarkan,mengamati dan meniru apa yang mereka lihat. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan yang berkenan dengan pemahaman peserta didik dan pengelolaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis.Guru perlu memiliki kompetensi pedagogik, dalam penelitian ini fokus pada kemampuan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran khususnya pada aspek sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan Sosial Emosional pada anak usia dini di TK AL- Kautsar. Penelitian ini menggunkan studi kasus untuk mempelajari pengalaman guru dalam menghadapi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi dengan guru kelompok A di TK AL-Kautsar. Data di analisis dengan menggunakan teknik analisis data Kualitatif. Hasil penelitian yang di peroleh bahwa kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di TK AL-Kautsar terdiri dari Perencanaan dan Pelaksanaan pembelajaran. Penting untuk guru mempunyai kompetensi pedagogik dalam mengembangkan sosial anak, dengan tujuan agar dapat menciptakan suasana kelas yang efektif bagi anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pedagogik guru,sosial Emosional | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Anak Usia Dini | |||||||||
Depositing User: | WIDYA ERIN DAMAYANI | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | widyaerin2332@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2024 03:25 | |||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2024 03:25 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21281 |
Actions (login required)
View Item |