ANALISIS PENGARUH PROMOSI, FLASH SALE DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PLATFORM SHOPEE PADA GENERASI Z DI JEMBER

Firdausyyah, Nanik (2024) ANALISIS PENGARUH PROMOSI, FLASH SALE DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PLATFORM SHOPEE PADA GENERASI Z DI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
I. ALPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam menghadapi persaingan yang kompetitif industri e-commerce memerlukan promosi sebagai strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan penjualan, tidak adanya promosi penjualan dalam suatu bisnis atau e-commerce dapat menyebabkan sulitnya bersaing dengan e-commers lainnya karena para konsumen akan kekurangan informasi ataupun daya tarik terhadap e-commers tersebut. Sesuai dengan pra-survey yang dilakukan oleh peneliti pada 29 November 2023 sampai 10 Desember 2023, dengan membagikan kuesioner kepada 50 gennerasi Z yang ada di jember diketahui bahwa Shopee menjadi e-commers terbanyak yang digunakan oleh generasi Z di jember. Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh promosi, flash sale dan gratis ongkir terhadap minat beli pada generasi Z di jember, untuk mengetahui pengaruh promosi, flash sale, dan gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada generasi Z di jember, dan untuk mengetahui pengaruh promosi, flash sale, dan gratis ongkir terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening pada generasi Z di Jember. Metode yang diginakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif dengan jumlah sampel 190 sampel yang diambil dari generasi Z pengguna shopee di jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan juga angket. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan juga uji hipotesis, pengujian hipotesis dilakukan dengan pengujian variace-based SEM atau partial least square (SEM-PLS). Hasil dari penelitian ini semua hubungan variabel berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikansi dibawah 0,05, kecuali hubungan variabel flash sale (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) mendapatkan nilai signifikasi 0,180 dan hubungan variabel gratis ongkir (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) melalui minat beli (Z) mendapatkan nilai siginifikasi 0,056, dimana nilai tersebut lebih tinggi daripada 0,05. Saran dari penelitian ini yaitu diharapkan perusahaan meningkatkan program flash sale dan juga gratis ongkir mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi, flash sale, gratis ongkir, keputusan pembelian, dan minat beli.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Department: S1 Manajemen
Depositing User: NANIK FIRDAUSYYAH
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorSatoto, Eko BudiNIDN0716106702
Thesis advisorWijayantini, BayuNIDN0717027904
Contact Email Address: firdausyyahn@gmail.com
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:36
Last Modified: 12 Jul 2024 01:36
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21429

Actions (login required)

View Item View Item