PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK, PERCEIVED EASE OF USE APLIKASI J-Mbako TERHADAP KOMITMEN MASYARAKAT DALAM PEMBAYARAN PAJAK DI KABUPATEN JEMBER MELALUI KEPUASAN MASYARAKAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Dewi, Prima Kusuma (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK, PERCEIVED EASE OF USE APLIKASI J-Mbako TERHADAP KOMITMEN MASYARAKAT DALAM PEMBAYARAN PAJAK DI KABUPATEN JEMBER MELALUI KEPUASAN MASYARAKAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (574kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (578kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik merupakan bentuk pelayanan terhadap warga negara menuntut instansi penyedia pelayanan lebih bertanggung jawab terhadap pelanggannya, tidak hanya sekedar melayani. Upaya yang dilakukan oleh Bapenda Kabupaten Jember dalam meningkatkan dan mencapai target PAD dengan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Salah satu pelayanan publik yang saat ini dilakukan di salah satu Kabupaten di Propinsi Jawa Timur adalah sistem pelayanan aplikasi J-Mbako. Aplikasi produk Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Jember tersebut diberi nama ‘J-Mbako’ yang merupakan akronim dari Jember Mbayar Pajak Online. Dengan pelayanan dan penggunaan aplikasi yang mudah akan membuat masyarakat puas dan berkomitmen untuk terus menggunakan pelayanan tersebut. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 176 responden yaitu masyarakat pengguna J-Mbako. Teknik analisis yang digunakan aalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil analisis data menunjukkan (1) variabel kualitas pelayanan dan perceived ease of use secara langsung berpengaruh positif terhadap kepuasan. (2) variabel kualitas pelayanan, perceived ease of use, dan kepuasan secara langsung berpengaruh positif terhadap komitmen. (3) variabel kualitas pelayanan dan perceived ease of use secara tidak langsung berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen berkelanjutan melalui kepuasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, perceived ease of use, kepuasan, komitmen
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social Science > 330 Economics
300 Social Science > 330 Economics > 335 Socialism and Related Systems
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Department: S2 Manajemen
Depositing User: Prima Kusuma Dewi
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorMartini, Ni Nyoman PutuNIDN0708036701
Thesis advisorSanosra, AbadiNIDN0718077802
Contact Email Address: kusumadewiprima@gmail.com
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:22
Last Modified: 15 Jul 2024 08:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21560

Actions (login required)

View Item View Item