Perlindungan Hukum Bagi Pemegang Resi Gudang Atas Musnahnya Objek Resi Gudang berdasarkan Pasal 24 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2006 Tentang Sistem Resi Gudang

Yani, Nurlinda (2024) Perlindungan Hukum Bagi Pemegang Resi Gudang Atas Musnahnya Objek Resi Gudang berdasarkan Pasal 24 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2006 Tentang Sistem Resi Gudang. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami perlindungan hukum bagi pemegang resi gudang atas musnahnya objek resi gudang berdasarkan Pasal 24 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang. Metode penelitian yang digunakan meliputi pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach) jenis penelitian hukum normatif, dengan metode pengumpulan data melalui survei perpustakaan dan analisis hukum kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum preventif diatur dalam Pasal 24 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2006, yang mewajibkan pengelola gudang untuk mengasuransikan barang yang disimpan dan membuat perjanjian pengelolaan barang secara tertulis dengan pemilik barang, namun belum melindungi secara maksimal karena tidak ada klasifikasi jenis asuransi bagi pemegang resi gudang. Perlindungan preventif ini belum melindungi secara maksimal, untuk memastikan bahwa sistem asuransi dalam resi gudang efektif dan memberikan perlindungan yang tidak merugikan pemegang resi gudang perlu adanya ketentuan asuransi yang jelas. Ayat 1 dan ayat 2 Pasal 11 Perjanjian Pengelolaan Barang Lampiran Peraturan Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor : 17/BAPPEBTI/PER-SRG/10/2014 belum mencakup asuransi forcemajeure akibat bencana alam khsusnya Erupsi Gunung merapi yang dapat menyebabkan kerusakan barang yang disimpan dalam gudang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Asuransi, Resi Gudang, Perlindungan Hukum
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 346 Private Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: Nurlindayani Nurlindayani
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:09
Last Modified: 26 Jul 2024 06:09
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22437

Actions (login required)

View Item View Item