Analisis Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Perusahaan Pada PDAM Kabupaten Bondowoso

Yonandra, Mita (2024) Analisis Balanced Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Perusahaan Pada PDAM Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
halaman depan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (305kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
dapus.pdf

Download (530kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kinerja perusahaan pada PDAM Kabupaten Bondowoso sesuai dengan metode balanced scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektifpelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektifpembelajaran dan pertumbuhan. Metode analisis menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulandatamelaluiwawancara,dokumentasi,dankuesioner.Populasidalampenelitian ini mencakup laporan keuangan PDAM Kabupaten Bondowoso pada tahun 2020, 2021 dan 2022, serta karyawan dan pelanggan PDAM Kabupaten Bondowoso. Teknik pengambilan sampelkaryawanyangdigunakanadalahsampeljenuhataumetodesensusyangmenghasilkan sampel sebanyak 151 karyawan, dan penentuan sampel pada pelanggan menggunakan rumus slovin, yang menghasilkan sampel sebanyak 100 responden pelanggan. Hasil penelitian menunjukkanbahwakinerjadariperspektifkeuangankurangbaikkarenaprosespenganggaran yang belum tepat pada tahun 2020, 2021, dan 2022. Namun,kinerja dari perspektifpelanggan cukupbaik,kinerjadariperspektifprosesbisnisinternalkurangbaik,dankinerjadariperspektif pembelajaran dan pertumbuhan baik. Karena tingkat pelanggan baru dapat meningkatkan pendapatan perusahaan, PDAM Kabupaten Bondowoso harus meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Company Performance Measurement, Balanced Scorecard
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Department: S1 Manajemen
Depositing User: Mita Yonandra
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSetianingsih, Wahyu Ekonidn0708127901
UNSPECIFIEDSantoso, BudiNIDN0709107301
Contact Email Address: mtayndra@gmail.com
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:36
Last Modified: 26 Jul 2024 06:36
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22441

Actions (login required)

View Item View Item