ANALISIS SEDIMENTASI SALURAN IRIGASI PRIMER BONDOYUDO DAERAH PADAT PENDUDUK MENGGUNAKAN PROGRAM HEC-RAS (Studi Kasus: Kecamatan Jatiroto Lumajang)

Lubis, Ade Abdullah Anwar (2024) ANALISIS SEDIMENTASI SALURAN IRIGASI PRIMER BONDOYUDO DAERAH PADAT PENDUDUK MENGGUNAKAN PROGRAM HEC-RAS (Studi Kasus: Kecamatan Jatiroto Lumajang). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sedimentasi dapat menjadi masalah besar dalam manajemen irigasi karena dapat mengurangi kapasitas aliran air. Untuk menjaga efisiensi irigasi sangat penting untuk mengelola sedimentasi dalam saluran irigasi. Saluran Primer Bondoyudo adalah salah satu saluran irigasi yang mengaliri lahan pertanian di 2 (dua) Kabupaten yaitu Kabupaten Jember dan Lumajang. Luasnya areal pertanian yang harus di aliri membuat pemeliharan yang harus di lakukan pada Saluran Primer Bondoyudo harus maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui distribusi sedimen dan volume sedimen di dasar Saluran Primer Bondoyudo Jatiroto Lumajang. Analisa angkutan sedimen dilakukan menggunakan aplikasi HEC-RAS. Data yang digunakan adalah pengukuran tahun 2023 dan dilakukan simulasi model sedimen selama periode debit harian 1 tahun. kemudian dilakukan verifikasi model tahun 2022 serta kondisi lapangan. Hasilnya dapat disimpulkan distribusi sedimen di Saluran Primer Daerah Irigasi Bondoyudo Jatiroto Lumajang mengidentifikasi bahwa terdapat variasi yang tidak terlalu signifikan dalam jumlah dan jenis sedimen yang terbawa di saluran tersebut. Distribusi sedimen dipengaruhi oleh faktori topografi lokal, pola aliran air, penggunaan lahan di sekitar saluran, dan pengelolaan sedimentasi yang ada. Analisis ini menyoroti pentingnya manajemen sedimen yang efektif untuk menjaga optimalisasi saluran irigasi, mencegah pendangkalan berlebihan, dan mempertahankan efektifivatas untuk pertanian. Jumlah volume sedimen di Saluran Irigasi Primer Bondoyudo memiliki nilai rata-rata sebesar 7.621 m³. Angka tsedimentasi di Saluran Irigasi Primer Bondoyudo tidak terlalu besar. Volume sedimen yang terakumulasi di dasar Saluran Primer D.I Irigasi Bondoyudo Jatiroto Lumajang menunjukkan adanya pendangkalan pada titiktitik tertentu, meski begitu volume sedimen masih dalam batas yang dapat ditoleransi untuk menjaga kapasitas pengaliran optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Elevasi Dasar Sungai, Erosi, Konsentrasi Sedimen, Sedimentasi.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Sipil
Depositing User: Ade Abdullah Anwar Lubis
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorRizal, Nanang SaifulNIDN0705047806
Thesis advisorKuryanto, Totok DwiNIDN0013086602
Contact Email Address: adeabdullah56@gmail.com
Date Deposited: 27 Jul 2024 01:14
Last Modified: 27 Jul 2024 01:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22463

Actions (login required)

View Item View Item