IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK PENGELOMPOKAN HASIL NILAI AKADEMIS SISWA PADA SMA NEGERI 2 JEMBER



Idris, Rivaldy Nur (2024) IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK PENGELOMPOKAN HASIL NILAI AKADEMIS SISWA PADA SMA NEGERI 2 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1Halaman depan.pdf] Text
1Halaman depan.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting dalam perkembangan suatu negara, dengan fokus utama pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pemahaman siswa. Setiap individu memiliki karakteristik dan keunggulan belajar yang berbeda, sehingga perlu diperhatikan agar tidak terjadi diskriminasi. Salah satu metode untuk menganalisis kemampuan nilai hasil belajar siswa adalah pengelompokan atau clustering. SMA Negeri 2 Jember, sebagai salah satu institusi pendidikan terkemuka, yang menyebabkan lonjakan pendaftaran siswa baru. Peningkatan jumlah siswa dengan jumlah guru yang terbatas menimbulkan tantangan bagi para guru dalam memantau hasil nilai belajar siswa secara efektif. Untuk menghadapi tantangan ini, dibutuhkan pendekatan yang inovatif dan efisien, seperti algoritma K-Means Clustering. Algoritma ini adalah metode analisis data yang populer dan sering digunakan di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Dengan algoritma ini, data dapat dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok serupa berdasarkan atribut tertentu. Dalam pendidikan, algoritma K-Means Clustering dapat digunakan untuk menganalisis data hasil nilai belajar siswa. Pada penelitian ini telah di temukan bahwa pebentukan lima cluster merupakan cluster optimal untuk data dari nilai siswa yang telah diproses. Data yang ditemukan pada masing-masing cluster yaitu; cluster 1 memiliki 75 data siswa dengan nilai terendah terbanyak pada pelajaran IPS dan tertinggi pada PJOK, cluster dua memiliki 67 data siswa dengan nilai terendah terbanyak pada pelajaran TI dan tertinggi PJOK, cluster tiga memiliki 62 data siswa dengan nilai terendah terbanyak pada pelajaran IPS, lalu dengan nilai tertinggi terbanyak pada pelajaran Seni Budaya, cluster empat memiliki 80 data siswa dengan nilai terendah terbanyak pada pelajaran PAI dan tertinggi pada pelajaran PKY, dan cluster lima memiliki 54 data siswa dengan nilai terendah paling banyak pada pelajaran PKN dan tertinggi pada pelajaran PAI.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Nilogiri, Agung
NIDN0030037701
Dosen Pembimbing
Oktavianto, Hardian
NIDN0722108105

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Pendidikan, K-Means, Clustering, Nilai Siswa SMA Negeri 2 Jember
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Rivaldy Nur Idris | rivaldynuridris@gmail.con
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:30
Last Modified: 30 Jul 2024 08:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22817

Actions (login required)

View Item View Item