(Similarity) Analisis Kesalahan Siswa dengan Tipe Berpikir Semikonseptual Berdasarkan Teori Nolthing

SURYANINGRUM, CHRISTINE WULANDARI and Galatea, Chusnul Khotimah (2023) (Similarity) Analisis Kesalahan Siswa dengan Tipe Berpikir Semikonseptual Berdasarkan Teori Nolthing. AXIOMA.

[img] Text
Turnitin_2023 Analisis kesalahan siswa dengan Tipe Berpikir Semikonseptual.pdf.pdf

Download (295kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dengan tipe berpikir semikonseptual berdasarkan teori nolthing dalam memecahkan masalah matematika materi persegi panjang. Jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data ialah tes tulis dan wawancara semi terstruktur. Subjek penelitian pada kelas VIIE SMPN 7 Jember. Teknik penganalisian data menggunakan 3 cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik kesahihan data ialah triangulasi metode. Hasil penelitian yaitu banyak siswa melakukan kesalahan dikarenakan kurangnya kemampuan penalaran untuk mendeskripsikan kembali informasi pada soal, kurangnya pemahaman terhadap konsep sehingga siswa dominan lebih menghafalkan rumusnya saja tapi tidak dapat menyelesaikan soal serta kurang memeriksa kembali jawaban untuk mendapatkan hasil yang benar.

Item Type: Peer Review
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Christine Wulandari Suryaningrum
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:13
Last Modified: 13 Sep 2024 02:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23395

Actions (login required)

View Item View Item