(SIMILARITY) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATERI ALJABAR KELAS VII

SURYANINGRUM, CHRISTINE WULANDARI and Rhomdani, Rohmad Wahid (2023) (SIMILARITY) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATERI ALJABAR KELAS VII. Jurnal Serunai Matematika.

[img] Text
Turnitin_2023 Analisis Kemampuan Berpikir logis.pdf.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berfikir logis siswa, berdasarkan kemampuan penalaran pada materi aljabar dikelas VII SMP Negeri 2 Wuluhan. Jenis penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal dan wawancancara terstruktur, dengan menggunakan subjek pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Wuluhan. Subjek penelitian diambil 6 siswa dengan kemampuan penalaran katagori tinggi 2 subjek, kemampuan penalaran katagori sedang 2 subjek, dan kemampuan penalaran katagori rendah 2 subjek. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan penalaran dan tes kemampuan berpikir logis yang terancang khusus untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep-konsep aljabar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan penalaran dan kemampuan berpikir logis siswa dalam konteks pembelajaran aljabar. Siswa yang memiliki kemampuan penalaran yang baik cenderung memiliki kemampuan berpikir logis yang lebih baik dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep aljabar. Selain itu, ditemukan pula beberapa kesulitan yang dihadapi siswa dalam mengembangkan kemampuan penalaran dan berpikir logis pada materi aljabar. Beberapa kesulitan yang umum adalah kesulitan dalam memahami simbol-simbol aljabar, mengidentifikasi pola-pola matematis, dan melakukan transformasi aljabar. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pembelajaran aljabar yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan berpikir logis siswa. Dalam konteks ini, disarankan agar guru matematika menggunakan pendekatan yang lebih interaktif, melibatkan siswa dalam berpikir kritis, dan memberikan tantangan yang mendorong pengembangan kemampuan penalaran dan berpikir logis.

Item Type: Peer Review
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Christine Wulandari Suryaningrum
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:16
Last Modified: 13 Sep 2024 02:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23396

Actions (login required)

View Item View Item