Syafitri, Yoga Dwi Fira (2024) Pengaruh Kecepatan Aliran Terhadap Gerusan Lokal pada Pilar Jembatan Berbentuk Persegi, Lingkaran dan Jajaran Genjang. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (284kB) |
|
Text
C. BAB 1.pdf Download (357kB) |
|
Text
D. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) |
|
Text
I. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian tentang pengaruh kecepatan aliran terhadap gerusan lokal pada pilar jembatan dianalisa menggunakan 2 metode yaitu analisa fisik dan analisa menggunakan metode empiris, untuk analisa fisik dilakukan dengan pengukuran secara langsung di laboratorium menggunakan prototipe pilar jembatan. Analisis menggunakan metode empiris dilakukan untuk mengetahui kesesuaian formula yang digunakan dalam perhitungan gerusan lokal terhadap hasil analisa fisik. Bentuk pilar yang akan diuji berbentuk persegi, lingkaran dan jajaran genjang dengan lebar 5 cm dan tinggi 15 cm. Debit yang digunakan pada penelitian ini memiliki 4 variasi debit. Berdasarkan hasil analisa fisik didapatkan kedalaman gerusan maksimum pada debit 404605,263 cm3/det yang terjadi pada pilar persegi = 2,5 cm, lingkaran = 2,0 cm dan jajaran genjang = 2,5 cm. Analisa menggunakan metode empiris yang memiliki kedalaman gerusan : metode Laursen dan Toch = 5,791 cm, metode Wu = 1,87 cm dan metode Froehclich = 2,957 cm. Dari ketiga metode tersebut, metode Froehlich memiliki hasil yang lebih mendekati hasil laboratorium. Dari 2 metode analisa, pilar berbentuk lingkaran menjadi pilihan terbaik untuk digunakan karena pilar lingkaran tidak memberikan sudut terhadap arah aliran sehingga pilar tersebut memiliki nilai gerusan paling kecil pada setiap debit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pilar Jembatan, Gerusan Lokal, Metode Empiris | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) | |||||||||
Department: | S1 Teknik Sipil | |||||||||
Depositing User: | Yoga Dwi Fira Syafitri | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | firasy712@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 26 Nov 2024 01:16 | |||||||||
Last Modified: | 26 Nov 2024 01:16 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23679 |
Actions (login required)
View Item |