ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN DENGAN PERCEIVED USEFULNESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA APLIKASI JEMBER KOTA PINTAR (J-KOPI)

Maryani, Maryani (2024) ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN DENGAN PERCEIVED USEFULNESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA APLIKASI JEMBER KOTA PINTAR (J-KOPI). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
B. ABSTRAK (1).pdf

Download (820kB)
[img] Text
C. BAB I (1).pdf

Download (5MB)
[img] Text
D. BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (895kB)

Abstract

Meningkatnya kebutuhan akan pelayanan publik yang efisien dan berpusat pada pengguna mendorong berkembangnya aplikasi J-KOPI (Jember Smart City). Namun, kepuasan pengguna masih menjadi tantangan karena beragamnya tingkat persepsi kualitas layanan dan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan masyarakat terhadap kepuasan pengguna, dengan persepsi manfaat sebagai variabel mediasi. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menilai hubungan antar variabel. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner online, dan dokumentasi, dengan fokus pada indikator utama seperti dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan kepercayaan. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kepercayaan masyarakat secara signifikan mempengaruhi kepuasan pengguna secara langsung dan melalui manfaat yang dirasakan. Khususnya, dimensi kualitas layanan berkorelasi positif dengan manfaat yang dirasakan, meningkatkan produktivitas dan kepuasan pengguna. Kepercayaan masyarakat juga memainkan peran penting, dengan aspek-aspek seperti integritas dan kemauan untuk bergantung yang mendorong tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa penguatan kualitas layanan dan kepercayaan masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan mendorong adopsi J KOPI secara lebih luas, sehingga mendukung visi kota pintar Jember.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasan dan manfaat yang dirasakan
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Department: S2 Manajemen
Depositing User: Maryani Maryani
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDQomariah, NurulNIDN
UNSPECIFIEDPutu Martini, Ni NyomanNIDN
Contact Email Address: vio.yanisoleman@gmail.com
Date Deposited: 23 Dec 2024 02:06
Last Modified: 23 Dec 2024 02:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23755

Actions (login required)

View Item View Item