Pengaruh Gaya Kepemimpinan Servant dan Fasilitas terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat dengan Inovasi Pelayanan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Kelurahan Se Kabupaten Jember)



HARSONO, MOH (2024) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Servant dan Fasilitas terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat dengan Inovasi Pelayanan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Kelurahan Se Kabupaten Jember). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Gaya kepemimpinan servant dan fasilitas kerja merupakan faktor penting dalam meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan servant dan fasilitas kerja terhadap kepuasan masyarakat dengan inovasi pelayanan sebagai variabel mediasi. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah 142 warga masyarakat di 22 Kelurahan di Kabupaten Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan software WarpPLS 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan servant berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung melalui inovasi pelayanan. Fasilitas kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung melalui inovasi pelayanan. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kualitas gaya kepemimpinan servant dan penyediaan fasilitas kerja yang memadai untuk mendorong inovasi pelayanan publik yang pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan masyarakat.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Herlambang, Toni
nidn0701016904
Dosen Pembimbing
ABADI, SANOSRA
nidn0718077802

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: Fasilitas Kerja, Gaya Kepemimpinan Servant, Inovasi Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat, Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), WarpPLS 8.0.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: MOH. HARSONO | nonomysun@gmail.com
Date Deposited: 14 Jan 2025 23:45
Last Modified: 15 Jan 2025 01:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23816

Actions (login required)

View Item View Item