(PEER REVIEW) PENGEMBANGAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BENTUK FORMATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 1 GLENMORE



Fatqurhohman, Fatqurhohman (2025) (PEER REVIEW) PENGEMBANGAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BENTUK FORMATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 1 GLENMORE. Universitas Nggusuwaru Nusa Tenggara Barat.

[thumbnail of Turnitin+Similarity] Text (Turnitin+Similarity)
Turnitin_2024_Artikel_Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Bentuk Formatif.pdf - Other

Download (390kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan pengembangan soal formatif dalam pemecahan masalah matematis pada materi aljabar yang dilaksanakan oleh siswa SMP Negeri 1 Glenmore. Penelitian bertujuan guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui tes formatif dalam bentuk pemecahan masalah matematis. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development) yang digunakan untuk merancang dan menguji produk. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 3D meliputi define, design, develop. Penelitian dilakukan dengan menyusun soal tes formatif, melakukan validasi soal oleh ahli materi, kemudian uji coba pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Glenmore. Uji coba melalui dua tahap yaitu kelompok kecil dan besar. Kelompok kecil dengan 10 siswa, sedangkan kelompok besar sejumlah 32 siswa. Hasil penelitian yaitu, tahapan validasi mendapatkan perolehan 88,33% untuk validator 1, sedangkan validator memperoleh 81,67%. Kedua skor dari validator mendapatkan kriteria sangat layak sehingga dapat diujicobakan. Pada uji coba, diperoleh skor respons guru 90% dengan kategori sangat setujudan respons siswa. Respons guru memperoleh 90% dengan kriteria sangat setuju. Sedangkan respons siswa kelompok kecil memperoleh 80,75%, kelompok besar 81,48%, keduanya mendapat kriteria sangat setuju. Sehingga produk yang dikembangkan layak untuk digunakan

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Author
Fatqurhohman, Fatqurhohman
0711028602

Item Type: Peer Review
Keywords/Kata Kunci: Tes formatif, Pemecahan masalah matematis, Kemampuan berpikir kritis
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Fatqurhohman Fatqurhohman | frohman86@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2025 02:46
Last Modified: 03 Feb 2025 02:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23966

Actions (login required)

View Item View Item