(PEER REVIEW) KONSEP MATEMATIKA DALAM AL-QUR’AN PADA SURAT AL-BAQARAH



Fatqurhohman, Fatqurhohman (2025) (PEER REVIEW) KONSEP MATEMATIKA DALAM AL-QUR’AN PADA SURAT AL-BAQARAH. Pendidikan Matematika, FKIP, IKIP PGRI Jember.

[thumbnail of Turnitin+Similarity] Text (Turnitin+Similarity)
Turnitin_2023_Konsep Matematika dalam Al-Qur'an.pdf - Other

Download (443kB)

Abstract

Penelitian ini membahas matematika dalam Al-Qur’an yang bertujuan untuk mendeskripsikan konsep matematika dan model matematika dalam surat Al-Baqarah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini adalah studi kepustakaan. Data penelitian ini adalah ayat-ayat surat Al-Baqarah yang memuat konsep bilangan, pecahan, himpunan. Sumber data penelitian ini adalah Al-Qur’an terjemahan dan ayat-ayat pada surat Al-Baqarah yang terkandung di dalam Al-Qur’an. Hasil penelitian ini bahwa di dalam surat Al-Baqarah terdapat konsep bilangan genap pada ayat 260, 60. Konsep bilangan ganjil dan konsep bilangan prima pada ayat 61, 41, 196, 29. Konsep pecahan ditemukan pada ayat 259. Konsep himpunan berdasarkan macam-macamnya ditemukan himpunan tak berhingga pada ayat 62, 96. Himpunan berhingga dan tak berhingga pada ayat 212. Berdasarkan relasi himpunan ditemukan himpunan bagian pada ayat 96. Himpunan lepas pada ayat 62. Himpunan bagian dan lepas ditemukan pada ayat 212. Sedangkan model himpunan menggunakan diagram ven. Saran untuk peneliti selanjutnya untuk mengkaji konsep matematika yang lain di dalam surat Al-Baqarah.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Author
Fatqurhohman, Fatqurhohman
0711028602

Item Type: Peer Review
Keywords/Kata Kunci: Al-Qur’an, Konsep Matematika, Surat Al-Baqarah
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 807 Education and Research of Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Fatqurhohman Fatqurhohman | frohman86@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2025 02:47
Last Modified: 03 Feb 2025 02:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/23967

Actions (login required)

View Item View Item