ANALISIS SENTIMEN PEMILU 2024 DI MEDIA SOSIAL X DENGAN ALGORITMA MULTINOMIAL NAIVE BAYES



PRATAMA, AGUNG MAULANA (2025) ANALISIS SENTIMEN PEMILU 2024 DI MEDIA SOSIAL X DENGAN ALGORITMA MULTINOMIAL NAIVE BAYES. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (847kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (769kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (721kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (686kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemilu 2024 merupakan peristiwa politik yang mendapat banyak perhatian di media sosial, termasuk platform X. Opini publik yang tersebar melalui komentar di media sosial dapat dianalisis untuk memahami sentimen masyarakat terhadap pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen terhadap komentar pengguna di media sosial X terkait Pemilu 2024 dengan menggunakan algoritma Multinomial Naïve Bayes. Data yang digunakan sebanyak 780 komentar yang dikumpulkan melalui teknik scraping, kemudian diproses melalui tahapan preprocessing seperti cleaning, case folding, stopword removal, stemming, dan tokenizing. Selanjutnya, fitur teks dikonversi menjadi representasi numerik menggunakan metode TF-IDF sebelum diklasifikasikan ke dalam tiga kategori sentimen: positif, negatif, dan netral. Pengujian dilakukan dengan membandingkan berbagai proporsi data latih dan uji untuk mengevaluasi performa model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model terbaik diperoleh dengan proporsi 90% data latih dan 10% data uji, menghasilkan akurasi sebesar 89,21%, dengan nilai precision, recall, dan F1-score yang seimbang. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Multinomial Naïve Bayes efektif dalam analisis sentimen komentar terkait Pemilu 2024 di media sosial X.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Umilasari, Reni
NIDN0728079101
Dosen Pembimbing
Rahman, Miftahur
NIDN0724039201

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Analisis Sentimen, Multinomial Naïve Bayes, TF-IDF, Pemilu 2024, Media Sosial
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Agung Maulana Pratama | agungmaulana355@gmail.com
Date Deposited: 21 Feb 2025 08:01
Last Modified: 21 Feb 2025 08:01
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24265

Actions (login required)

View Item View Item