UJI EFISIENSI KONSUMSI DAYA BATERAI MOBIL LISTRIK 2KW
ARUL, KAMARULLA UPI ADE PAJRI (2025) UJI EFISIENSI KONSUMSI DAYA BATERAI MOBIL LISTRIK 2KW. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (504kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
Abstract
Energi fosil, khususnya minyak bumi, merupakan sumber energi dan devisa utama negara ini. Akan tetapi, meskipun permintaan energi meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan populasi, Indonesia saat ini memiliki jumlah energi fosil yang sangat sedikit. Dengan demikian, sumber daya alam Indonesia menjadi semakin langka, karena sumber daya yang tidak terbarukan (batubara, minyak, dan gas) menyediakan sebagian besar sumber energi. Diperkirakan mobil listrik bertenaga baterai akan berkembang pesat dalam beberapa tahun mendatang (W.Gunandi, 2019). Pengumpulan data analisis efisiensi konsumsi daya pada mobil listrik 2kw menggunakan metode Studi Literur dilakukan pengumpulan data refrensi dan data awal untuk melakukan penelitian. Pengujian berikut dilakukan sesuai dengan variabel penelitian yang telah ditentukan. Tahapan pengolahan data penilitan mobil listrik 2 kW menggunakan metode pemodelan matematis mencakup Konsumsi daya dihitung menggunakan bobot pengemudi 54 kg, 67 kg, dan 73 kg serta variabel kondisi jalan datar, menanjak, dan bergelombang. Hasil evaluasi konsumsi daya mobil listrik 2 kW di jalan datar sejauh 1.000 meter menunjukkan bahwa semakin tinggi bobot dan voltase pengemudi, semakin besar daya yang digunakan mobil listrik 2 kW di jalan datar. Konsumsi daya berkurang seiring dengan berkurangnya berat pengemudi, voltase, dan arus. Pengujian konsumsi daya mobil listrik 2 kW dengan kapasitas baterai 54 volt, 45 amp menghasilkan kesimpulan bahwa jika voltase dan arus ampere yang dilepaskan tinggi dalam berbagai kondisi jalan, seperti jalan datar, menanjak, bergelombang, dan berat pengemudi, maka diperlukan pula konsumsi daya yang lebih tinggi.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDBAHRI, MOKH.HAIRULnidn0717087203UNSPECIFIEDABIDIN, ASROFULnidn0703109207
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Efisiensi, Kendaraan Listrik, Mobil Listrik, Baterai |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) |
Depositing User: | Kamarulla Upi Ade Pajri | kamarullaupiade@gmail.com |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 01:30 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 01:30 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |