UJI EFISIENSI KONSUMSI DAYA BATERAI MOBIL LISTRIK 2KW



ARUL, KAMARULLA UPI ADE PAJRI (2025) UJI EFISIENSI KONSUMSI DAYA BATERAI MOBIL LISTRIK 2KW. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Energi fosil, khususnya minyak bumi, merupakan sumber energi dan devisa utama negara ini. Akan tetapi, meskipun permintaan energi meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan populasi, Indonesia saat ini memiliki jumlah energi fosil yang sangat sedikit. Dengan demikian, sumber daya alam Indonesia menjadi semakin langka, karena sumber daya yang tidak terbarukan (batubara, minyak, dan gas) menyediakan sebagian besar sumber energi. Diperkirakan mobil listrik bertenaga baterai akan berkembang pesat dalam beberapa tahun mendatang (W.Gunandi, 2019). Pengumpulan data analisis efisiensi konsumsi daya pada mobil listrik 2kw menggunakan metode Studi Literur dilakukan pengumpulan data refrensi dan data awal untuk melakukan penelitian. Pengujian berikut dilakukan sesuai dengan variabel penelitian yang telah ditentukan. Tahapan pengolahan data penilitan mobil listrik 2 kW menggunakan metode pemodelan matematis mencakup Konsumsi daya dihitung menggunakan bobot pengemudi 54 kg, 67 kg, dan 73 kg serta variabel kondisi jalan datar, menanjak, dan bergelombang. Hasil evaluasi konsumsi daya mobil listrik 2 kW di jalan datar sejauh 1.000 meter menunjukkan bahwa semakin tinggi bobot dan voltase pengemudi, semakin besar daya yang digunakan mobil listrik 2 kW di jalan datar. Konsumsi daya berkurang seiring dengan berkurangnya berat pengemudi, voltase, dan arus. Pengujian konsumsi daya mobil listrik 2 kW dengan kapasitas baterai 54 volt, 45 amp menghasilkan kesimpulan bahwa jika voltase dan arus ampere yang dilepaskan tinggi dalam berbagai kondisi jalan, seperti jalan datar, menanjak, bergelombang, dan berat pengemudi, maka diperlukan pula konsumsi daya yang lebih tinggi.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
BAHRI, MOKH.HAIRUL
nidn0717087203
UNSPECIFIED
ABIDIN, ASROFUL
nidn0703109207

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Efisiensi, Kendaraan Listrik, Mobil Listrik, Baterai
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Kamarulla Upi Ade Pajri | kamarullaupiade@gmail.com
Date Deposited: 25 Feb 2025 01:30
Last Modified: 25 Feb 2025 01:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24341

Actions (login required)

View Item View Item