IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA KLINIK ABU SAAD GUMUKMAS, JEMBER
IKFANI, FIRSA ZERLINDA AZZA (2025) IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA KLINIK ABU SAAD GUMUKMAS, JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (985kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (957kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan di Klinik Abu Saad Gumukmas, Jember. Dimensi yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan adalah bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsives), jaminan (assurance), empati (emphaty). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan dan rawat inap Klinik Abu Saad Gumukmas, Jember. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dokumentasi .Metode analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, uji validitas, uji reliabilitas, Importance Performance Analysis yang di dalamnya terdapat diagram kartesius untuk mengetahui tingkat kinerja dan kepentingan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian responden dari keseluruhan atribut kepuasan pasien Klinik Abu Saad Gumukmas, Jember terhadap kualitas layanan sebesar 93-110% dengan rata-rata 100% dan dapat dikatakan sudah memuaskan. Dalam penilaian Importance Performance Analysis menggunakan diagram kartesisus diperoleh 5 atribut pada Kuadran I, yang perlu dijadikan prioritas utama Klinik Abu Saad Gumukmas, Jember untuk ditingkatkan serta diperoleh 7 atribut pada Kuadran II, yang perlu dipertahankan karena sesuai dengan harapan pasien.
Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan, Importance Performance Analysis
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSETIANINGSIH, WAHYU EKONIDN0708127901Dosen PembimbingNURSAIDAH, NURSAIDAHNIDN0701068503
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan, Importance Performance Analysis |
Subjects: | 300 Social Science > 360 Social Problems and Services 300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 362 Social Welfare, Problems and Services |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management (S1) |
Depositing User: | Firsa Zerlinda Azza Ikfani | firsazerlinda@gmail.com |
Date Deposited: | 02 May 2025 07:28 |
Last Modified: | 02 May 2025 07:28 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |