IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA KLINIK ABU SAAD GUMUKMAS, JEMBER



IKFANI, FIRSA ZERLINDA AZZA (2025) IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA KLINIK ABU SAAD GUMUKMAS, JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (985kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan di Klinik Abu Saad Gumukmas, Jember. Dimensi yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan adalah bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsives), jaminan (assurance), empati (emphaty). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan dan rawat inap Klinik Abu Saad Gumukmas, Jember. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dokumentasi .Metode analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, uji validitas, uji reliabilitas, Importance Performance Analysis yang di dalamnya terdapat diagram kartesius untuk mengetahui tingkat kinerja dan kepentingan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian responden dari keseluruhan atribut kepuasan pasien Klinik Abu Saad Gumukmas, Jember terhadap kualitas layanan sebesar 93-110% dengan rata-rata 100% dan dapat dikatakan sudah memuaskan. Dalam penilaian Importance Performance Analysis menggunakan diagram kartesisus diperoleh 5 atribut pada Kuadran I, yang perlu dijadikan prioritas utama Klinik Abu Saad Gumukmas, Jember untuk ditingkatkan serta diperoleh 7 atribut pada Kuadran II, yang perlu dipertahankan karena sesuai dengan harapan pasien.
Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan, Importance Performance Analysis

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
SETIANINGSIH, WAHYU EKO
NIDN0708127901
Dosen Pembimbing
NURSAIDAH, NURSAIDAH
NIDN0701068503

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan, Importance Performance Analysis
Subjects: 300 Social Science > 360 Social Problems and Services
300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 362 Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Firsa Zerlinda Azza Ikfani | firsazerlinda@gmail.com
Date Deposited: 02 May 2025 07:28
Last Modified: 02 May 2025 07:28
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/24840

Actions (login required)

View Item View Item