Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Dan Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pasien Yang Dimediasi Oleh Kepuasan pada Puskesmas Jelbuk Jember



Anggraeni, Reni Septa (2025) Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Dan Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pasien Yang Dimediasi Oleh Kepuasan pada Puskesmas Jelbuk Jember. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN PERPUSTAKAAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of COVER perpustakaan.pdf] Text
COVER perpustakaan.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of ABSTRAK-1.pdf] Text
ABSTRAK-1.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of BAB I-2.pdf] Text
BAB I-2.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of BAB II-2.pdf] Text
BAB II-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3 METODE-1.pdf] Text
BAB 3 METODE-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV -1.pdf] Text
BAB IV -1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V-2.pdf] Text
BAB V-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-1.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of LAMPIRAN LAMPIRAN-1.pdf] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB) | Request a copy

Abstract

Loyalitas pasien bergantung pada penerapan manajemen hubungan pelanggan dan terciptanya ikatan pelanggan yang akan menumbuhkan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajemen hubungan pelanggan dan ikatan pelanggan terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan. Populasi penelitian adalah seluruh pasien yang berkunjung ke puskesmas pad ambulan Januari sampai dengan Desember 2024.Jumlah responden ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin yang berjumlah 100 orang. Metode yang digunakan adalah partial least squares untuk menganalisis pengujian outer model dan inner model. Hasil pengujian pengaruh langsung menunjukkan bahwa: CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, ikatan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien, ikatan pelanggan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas pasien, dan kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien. Pengujian pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa kepuasan pasien berperan positif dan signifikan dalam memperkuat pengaruh CRM terhadap loyalitas pasien, dan kepuasan pasien juga berperan positif dan signifikan dalam memperkuat pengaruh ikatan pelanggan terhadap loyalitas pasien.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Maryam Zakiyyah, Amalina
nidn0727058705
UNSPECIFIED
Hermawan, haris
nidn0710106801
UNSPECIFIED
Thamrin, Mohammad
nidn#

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords/Kata Kunci: Kata kunci : customer relationship management; customer bonding; kepuasan pasien; loyalitas pasien
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: Reni Septa Anggraeni | reni.saftriawan@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 01:37
Last Modified: 11 Jul 2025 01:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25413

Actions (login required)

View Item View Item