Uji Efisiensi Bahan Bakar dan Performa Menggunakan Perbandingan Sistem Karburator dan Sistem Injeksi Pada Motor Sport 250cc
Hifni, Mada Naufal (2025) Uji Efisiensi Bahan Bakar dan Performa Menggunakan Perbandingan Sistem Karburator dan Sistem Injeksi Pada Motor Sport 250cc. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kendaraan bermotor pada saat ini semakin meningkat, hal ini menyebabkan kebutuhan bahan bakar meningkat pula dengan seiring berjalannya waktu bahan bakar akan habis. Oleh karena itu, pada penelitian ini bisa diterapkan khususnya pada kendaraan tahun produksi dibawah 2010 dimana kendaraan tersebut masih mengadopsi teknologi pembakaran karburator. Tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan performa mesin, efisiensi bahan bakar, dan emisi gas buang, antara sistem karburator dengan sistem injeksi pada motor sport 250 cc. Pada penelitian ini menerapkan Metodologi eksperimen dengan pengujian perbandingan performa menggunakan alat dynotest untuk mengukur torsi dan daya (HP), konsumsi BBM dengan alat pengujian memakai gelas ukur (burret) dan stopwatch, serta hasil emisi pembakaran. Hasil dari penelitian yang sudah dilaksanakan penulis lakukan menunjukkan modifikasi dari sistem karburator ke sistem injeksi mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar sebesar 51% serta dapat meningkatkan daya dari sistem karburator 27,1 HP pada sistem injeksi menjadi 27,3 HP, dan torsi sistem karburator 20,29 sistem injeksi menjadi 27,40 HP, dan dapat menurunkan nilai emisi gas buang yang mula dari sistem karburator nilai CO: 5.62 % , HC: 1207 ppm pada sistem injeksi menjadi CO:0.19 % , HC: 398 ppm. Berdasarakan pemjelasan diatas maka dapat disimpulkan modifikasi sistem karburator menjadi sistem injeksi dapat meningkatkan performa, konsumsi bahan bakar lebih sedikit , serta emisi gas buang yang lebih sedikit pula.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingMufarida, Nely Ananidn0022047701Dosen PembimbingJoko, Kosnidn0715126901
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | efisiensi bahan bakar, karburator, motor sport, performa mesin, sistem injeksi. |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 629 Other Branches of Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) |
Depositing User: | Mada Naufal Hifni | naufalhifnimada@gmail.com |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 06:58 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 06:58 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25597 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |