PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI KECENDERUNGAN PERILAKU JUDI ONLINE MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEBSITE
PRAMUDIA, MUHAMMAD ZIQQI (2025) PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI KECENDERUNGAN PERILAKU JUDI ONLINE MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEBSITE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (762kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pertumbuhan pesat teknologi informasi telah memberikan dampak signifikan dalam
berbagai aspek kehidupan, termasuk komunikasi, pendidikan dan ekonomi. Namun
perkembangan ini juga membawa tantangan baru, seperti meningkatnya kasus
penyalahgunaan internet, salah satunya adalah perjudian online. Di Indonesia,
perjudian online menjadi permasalahan yang semakin memprihatinkan dengan
peningkatan jumlah konten terkait yang dibatasi oleh pemerintah. Remaja dan
orang dewasa semakin banyak yang terlibat dalam aktivitas ini karena kemudahan
akses dan ketersediaannya. Oleh karena itu, diperlukan sistem yang mampu
mengidentifikasi kecenderungan perilaku judi online guna membantu pencegahan
sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem
pakar berbasis web yang mampu mengidentifikasi kecenderungan perilaku judi
online menggunakan metode Certainty Factor. Sistem ini memungkinkan
pengguna untuk mendapatkan hasil identifikasi berdasarkan data perilaku yang
dimasukkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan. Dari 100
data awal, dilakukan proses pembersihan data sehingga diperoleh 54 data yang valid
untuk pengujian, sementara sisanya dianggap tidak valid. Dari 54 data valid tersebut
hasil pengujian menunjukkan bahwa 7% responden memiliki kecenderungan
rendah, 37% sedang, dan 56% tinggi terhadap perilaku judi online. Semoga dengan
adanya sistem ini, masyarakat dapat lebih mudah mengenali dan mencegah dampak
negatif dari perjudian online.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingFITRIYAH, NUR QODARIYAHNIDN0727097501UNSPECIFIEDWIJAYA, GURUHNIDN0729017601
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Sistem Pakar, Judi Online, Certainty Factor, Kecenderungan Perilaku, Psikologi, Teknologi Informasi |
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 005 Computer Programming, Programs, & Data 100 Philosophy > 150 Psychology > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) |
Depositing User: | Muhammad Ziqqi Pramudia | po0707759@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 02:27 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 02:27 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |