Faktor Determinan Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia



ASYSYAFI'I, ABU AL A'LA (2025) Faktor Determinan Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (845kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (877kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (877kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan perusahaan dalam melakukan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020 – 2023. Variabel independen meliputi pajak, mekanisme bonus, struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas, dengan transfer pricing sebagai variabel dependen. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda. Populasi penelitian ini mencakup seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2020 – 2023. Sampel yang digunakan sebanyak 43 perusahaan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak, mekanisme bonus, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan
transfer pricing, sedangkan struktur kepemilikan, leverage, dan profitabilitas tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa aspek pajak dan insentif manajerial merupakan pendorong utama dalam praktik transfer pricing. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi manajemen perusahaan, otoritas pajak, dan investor dalam memahami praktik transfer pricing dalam konteks regulasi perpajakan dan pasar modal di Indonesia.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
SUHARSONO, RIYANTO SETIAWAN
NIDN0729127210
Dosen Pembimbing
NASTITI, ARISITA
NIDN0709018703

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Mekanisme bonus, leverage, pajak, profitabilitas, transfer pricing
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 332 Financial Economics, Finance
300 Social Science > 330 Economics > 337 International Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: Abu Al A’la Asysyafi’i | alalaasysyafi@gmail.com
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:26
Last Modified: 29 Jul 2025 02:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25971

Actions (login required)

View Item View Item