PENERAPAN LESSON STUDY ( LS) DENGAN DISCOVERY LEARINNG (DL) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DANKEMAMPUAN BEKERJA SAMA PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 SMANEGRI 01 ARJASA ( Pada Pokok Bahasan Sistem Saraf Kelas XI IPA 1 SMAN 01 Arjasa Tahun Ajaran 2017/ 2018 )
Agustin, Yuli (2018) PENERAPAN LESSON STUDY ( LS) DENGAN DISCOVERY LEARINNG (DL) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DANKEMAMPUAN BEKERJA SAMA PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 SMANEGRI 01 ARJASA ( Pada Pokok Bahasan Sistem Saraf Kelas XI IPA 1 SMAN 01 Arjasa Tahun Ajaran 2017/ 2018 ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1410211006 Yuli Agustin.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Agustin, Yuli. 2018. Penerapan Lesson Study (LS) Dengan Discovery Learning
Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kemampuan Bekerja
Sama Kelas XI MIPA 1 SMA NEGRI 1 ARJASA . Skripsi, Program
Study Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Muhammadiyah Jember.
Pembimbing : (1) Ika Priantari S.Si.,M.Pd 2)Novy Eurika S.Si.,M.Pd.
Kata Kunci : Lesson Study, Discovery Learning, Kemampuan
Berfikir Kritis, Kemampuan Bekerja Sama.
Kurikulum 2013 menekankan pengembangan kompetensi pengetahuan,
keterampilan, dan sikap peserta didik secara holistik (seimbang). Hasil analisis
data yang diperoleh pada prasiklus, Ketuntasan klasikal kemampuan berfikir krtis
32,4% dan bekerja sama 16,2%. Dari hasil data tersebut masih tergolong rendah.
Pada kurikulum K13 Seorang guru dituntut harus mampu mengelola kegiatan
pembelajaran, mulai dari merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi
kegiatan pembelajaran. Akan tetapi kompetensi profesional guru saat ini tersebut
tergolong rendah, jadi Salah satu upaya peningkatannya dengan menggunakan
Lesson Study.Lesson Study suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi
merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran
yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan,
dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil
pembelajaran.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Penerapan Lesson Study(Ls)
dengan Discovery Learinng (DL) Meningkatkan KemampuanBerfikirKritisdan
kemampuan bekerja sama Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMAN 01
ARJASAPenelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Penerapan Lesson Study (LS)
Dengan Discovery Learning Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan
Kemampuan Bekerja Sama Kelas XI MIPA 1 SMA NEGRI 1 ARJASA.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Arjasa. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindak Kelas berbasis Lesson Study.
Berdasarkan analisis data diperoleh Penerapan lesson Study dengan
Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Pada tahapan
prasiklus yang tuntas yaitu 32,40%, selanjutnya siklus 1 yang tuntas 44% , lalu
siklus 2 yaitu yang tuntas 74% . Penerapan lesson Study dengan Discovery
Learning dapat meningkatkan kemampuan bekerja sama yaitu dimulai dari
prasiklus sampai siklus 2. Pada tahapan prasiklus yang tuntas yaitu 16,2%
selanjutnya siklus 1 yang tuntas 30% lalu siklus 2 yaitu yang tuntas 54,50 %.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingPriantari, Ikanidn#Dosen PembimbingEurika, Novynidn#
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Lesson Study, Discovery Learning,Kemampuan Berfikir Kritis |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:51 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:51 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |