PENGARUH GREEN MARKETING, WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIBIT TANAMAN DI UD JAYA MAKMUR TANI BANGSALSARI JEMBER
Dwiningrum, Silvia Mega Dwi (2021) PENGARUH GREEN MARKETING, WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIBIT TANAMAN DI UD JAYA MAKMUR TANI BANGSALSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
| ![1710411103 Silvia Mega Dwiningrum.pdf [thumbnail of 1710411103 Silvia Mega Dwiningrum.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 1710411103 Silvia Mega Dwiningrum.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy | 
Abstract
Penelitian ini mengungkapkan tentang perkembangan strategi pemasaran di era 
globalisasi dan produk yang dihasilkan memiliki manfaat kepedulian terhadap 
kelestarian lingkungan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka diperlukan 
konsep baru yaitu pemasaran hijau (Green Marketing) yang merupakan konsep baru 
untuk mendukung pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Kajian 
ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep pemasaran hijau dan menggambarkan 
masalah dasar yang terkait dalam pemasaran hijau serta dapat memberikan solusi 
dan saran yang diperlukan. Penelitian ini diharapkan untuk mewujudkan produk 
green marketing yang bertanggung jawab pada lingkungan dan menjadikan produk 
yang dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. UD Jaya Makmur 
Merupakan usaha yang bergerak dibidang tanaman bibit yang terdiri dari berbagai 
macam jenis bibit tanaman buah. Usaha ini berada di daerah Karangsono Kecamatan 
Bangsalsari Kabupaten Jember. permasalahan yang terjadi pada UD Jaya Makmur 
tani adalah penjualan yang meningkat secara tidak stabil dikarenakan belum adanya 
promosi dari produk yang maksimal karena hanya menggunakan promosi dari mulut 
ke mulut, kurangnya SDM, dan produk yang memiliki kualitas yang kurang dapat 
mempengaruhi menurunnya penjualan produk dan mengurangi minat konsumen 
dalam membeli sebuah produk Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan 
menganalisis sejauh mana relevansi dari green marketing, word of mouth, dan 
kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Hipotesis dalam penelitian ini green 
marketing, word of mouth, dan kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap 
keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah konsumen UD Jaya Makmur 
Tani Bangsalsari Jember. jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 sampel 
dengan menggunakan rumus lemeshow. Teknik pengambilan data menggunakan 
kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Dalam pengumpulan data terjadinya 
hambatan karena penelitian ini dilakukan pada masa pandemic covid – 19 dimana 
dalam penyebaran kuesioner dilakukan secara langsung dan membutuhkan waktu 
yang lama dan kurangnya dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan 
analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji instrumen data yaitu uji 
reliabilitas dan uji validitas. Uji asumsi klasik seperti uji multikolinearitas, uji 
heteroskedastisitas dan uji normalitas. Dan menggunakan uji hipotesis seperti uji t 
dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green marketing 
tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan word of 
mouth dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSetyowati, Triasnidn#Dosen PembimbingPuspitadewi, Iranidn#
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Keywords/Kata Kunci: | Green marketing, Word of mouth, Kualitas produk, Keputusan pembelian. | 
| Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management | 
| Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management (S1) | 
| Depositing User: | Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com | 
| Date Deposited: | 15 Aug 2025 02:03 | 
| Last Modified: | 15 Aug 2025 02:06 | 
| URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26811 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      