STUDI DERAJAT STABILITAS ABUTMEN JEMBATAN JALAN RAYA DENGAN STRUKTUR ATAS BETON BERTULANG
YAQIN, MUHAMMAD ILMI (2025) STUDI DERAJAT STABILITAS ABUTMEN JEMBATAN JALAN RAYA DENGAN STRUKTUR ATAS BETON BERTULANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
a. Halaman Depan.pdf Download (628kB) |
![]() |
Text
b. Abstrak.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
c. Bab 1.pdf Download (546kB) |
![]() |
Text
d. Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
e. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
![]() |
Text
f. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
g. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
![]() |
Text
h. Daftar Pustaka.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
i. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas analisa stabilitas abutment jembatan jalan raya dengan struktur atas beton bertulang, yang berlokasi di Jembatan 6 Road 1, Sungai Suboli, Halmahera Timur, Maluku Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan stabilitas struktur antara jembatan dengan beton bertulang dan jembatan dengan beton prategang. Metode yang digunakan adalah metode studi literatur dengan pendekatan data sekunder yang dianalisis berdasarkan data teknis perencanaan dan hasil perhitungan stabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi balok T yang digunakan memiliki lebar 0,8 meter dan tinggi 1,2 meter. Perubahan struktur atas dari beton prategang menjadi beton bertulang menyebabkan peningkatan berat sendiri struktur sebesar 96,4%. Dampak dari perubahan ini terhadap stabilitas guling menunjukkan peningkatan sebesar 24,4% pada kombinasi pembebanan 2. Namun, terjadi penurunan stabilitas guling pada kombinasi pembebanan 1, 3, 4, dan 5 dengan rata-rata penurunan sebesar 16,5%. Sementara itu, stabilitas geser mengalami peningkatan pada kelima kombinasi pembebanan dengan rata-rata kenaikan sebesar 10%. Penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan jenis beton pada struktur atas jembatan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap stabilitas abutment, baik dari sisi stabilitas guling maupun stabilitas geser, sehingga perlu dipertimbangkan secara matang dalam proses perencanaan struktur jembatan.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingPRIYONO, PUJONIDN0022126402Dosen PembimbingALIHUDIEN, ARIEFNIDN0725097101
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Abutment, beton bertulang, jembatan, stabilitas guling, stabilitas geser |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Muhammad Ilmi Yaqin | muhammadilmiyaqin@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 07:18 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 07:18 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |