STUDI DERAJAT STABILITAS ABUTMEN JEMBATAN JALAN RAYA DENGAN STRUKTUR ATAS BETON BERTULANG



YAQIN, MUHAMMAD ILMI (2025) STUDI DERAJAT STABILITAS ABUTMEN JEMBATAN JALAN RAYA DENGAN STRUKTUR ATAS BETON BERTULANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of a. Halaman Depan.pdf] Text
a. Halaman Depan.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of b. Abstrak.pdf] Text
b. Abstrak.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of c. Bab 1.pdf] Text
c. Bab 1.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of d. Bab 2.pdf] Text
d. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of e. Bab 3.pdf] Text
e. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of f. Bab 4.pdf] Text
f. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of g. Bab 5.pdf] Text
g. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of h. Daftar Pustaka.pdf] Text
h. Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of i. Lampiran.pdf] Text
i. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas analisa stabilitas abutment jembatan jalan raya dengan struktur atas beton bertulang, yang berlokasi di Jembatan 6 Road 1, Sungai Suboli, Halmahera Timur, Maluku Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan stabilitas struktur antara jembatan dengan beton bertulang dan jembatan dengan beton prategang. Metode yang digunakan adalah metode studi literatur dengan pendekatan data sekunder yang dianalisis berdasarkan data teknis perencanaan dan hasil perhitungan stabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi balok T yang digunakan memiliki lebar 0,8 meter dan tinggi 1,2 meter. Perubahan struktur atas dari beton prategang menjadi beton bertulang menyebabkan peningkatan berat sendiri struktur sebesar 96,4%. Dampak dari perubahan ini terhadap stabilitas guling menunjukkan peningkatan sebesar 24,4% pada kombinasi pembebanan 2. Namun, terjadi penurunan stabilitas guling pada kombinasi pembebanan 1, 3, 4, dan 5 dengan rata-rata penurunan sebesar 16,5%. Sementara itu, stabilitas geser mengalami peningkatan pada kelima kombinasi pembebanan dengan rata-rata kenaikan sebesar 10%. Penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan jenis beton pada struktur atas jembatan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap stabilitas abutment, baik dari sisi stabilitas guling maupun stabilitas geser, sehingga perlu dipertimbangkan secara matang dalam proses perencanaan struktur jembatan.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
PRIYONO, PUJO
NIDN0022126402
Dosen Pembimbing
ALIHUDIEN, ARIEF
NIDN0725097101

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Abutment, beton bertulang, jembatan, stabilitas guling, stabilitas geser
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Muhammad Ilmi Yaqin | muhammadilmiyaqin@gmail.com
Date Deposited: 21 Aug 2025 07:18
Last Modified: 21 Aug 2025 07:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27289

Actions (login required)

View Item View Item