PENERAPAN ALGORITMA MULTINOMIAL NAÏVE BAYES DALAM KLASIFIKASI SENTIMEN PENGGUNA SHOPEE TERHADAP PRODUK FACIAL WASH KAHF
REZZI, FARENDIKA (2025) PENERAPAN ALGORITMA MULTINOMIAL NAÏVE BAYES DALAM KLASIFIKASI SENTIMEN PENGGUNA SHOPEE TERHADAP PRODUK FACIAL WASH KAHF. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
halaman depan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan e-commerce memudahkan konsumen dalam memberikan ulasan terhadap produk, termasuk facial wash merek lokal Kahf. Ulasan tersebut dapat dianalisis untuk mengetahui persepsi konsumen melalui klasifikasi sentimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan sentimen pengguna Shopee terhadap produk facial wash Kahf menggunakan algoritma Multinomial Naïve Bayes. Data diambil dari ulasan pengguna Shopee dan dilakukan tahap preprocessing seperti cleansing, case folding, tokenizing, stopword removal, dan stemming. Fitur diekstraksi menggunakan metode TF-IDF dan data diuji menggunakan teknik K-Fold Cross Validation dengan nilai K = 4, 5, 6, dan 10. Hasil evaluasi model menggunakan confusion matrix menunjukkan bahwa algoritma Multinomial Naïve Bayes dapat digunakan secara efektif dalam klasifikasi sentimen dengan performa yang cukup baik dilihat dari metrik akurasi, presisi, dan recall. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam memahami persepsi konsumen terhadap produk lokal berbasis analisis sentimen.
Kata Kunci: Sentimen, Multinomial Naïve Bayes, Facial Wash, Shopee, Confusion Matrix.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingRosyidah, Ulya AnisaturNIDN0714078704Dosen PembimbingAbdurrahman, GinanjarNIDN0710037903
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Sentimen, Multinomial Naïve Bayes, Facial Wash, Shopee, Confusion Matrix. |
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) |
Depositing User: | Farendika Rezzi | farendikaezzi@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 08:06 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 08:06 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |