PENERAPAN ALGORITMA MULTINOMIAL NAÏVE BAYES DALAM KLASIFIKASI SENTIMEN PENGGUNA SHOPEE TERHADAP PRODUK FACIAL WASH KAHF



REZZI, FARENDIKA (2025) PENERAPAN ALGORITMA MULTINOMIAL NAÏVE BAYES DALAM KLASIFIKASI SENTIMEN PENGGUNA SHOPEE TERHADAP PRODUK FACIAL WASH KAHF. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of halaman depan.pdf] Text
halaman depan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan e-commerce memudahkan konsumen dalam memberikan ulasan terhadap produk, termasuk facial wash merek lokal Kahf. Ulasan tersebut dapat dianalisis untuk mengetahui persepsi konsumen melalui klasifikasi sentimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan sentimen pengguna Shopee terhadap produk facial wash Kahf menggunakan algoritma Multinomial Naïve Bayes. Data diambil dari ulasan pengguna Shopee dan dilakukan tahap preprocessing seperti cleansing, case folding, tokenizing, stopword removal, dan stemming. Fitur diekstraksi menggunakan metode TF-IDF dan data diuji menggunakan teknik K-Fold Cross Validation dengan nilai K = 4, 5, 6, dan 10. Hasil evaluasi model menggunakan confusion matrix menunjukkan bahwa algoritma Multinomial Naïve Bayes dapat digunakan secara efektif dalam klasifikasi sentimen dengan performa yang cukup baik dilihat dari metrik akurasi, presisi, dan recall. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam memahami persepsi konsumen terhadap produk lokal berbasis analisis sentimen.

Kata Kunci: Sentimen, Multinomial Naïve Bayes, Facial Wash, Shopee, Confusion Matrix.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Rosyidah, Ulya Anisatur
NIDN0714078704
Dosen Pembimbing
Abdurrahman, Ginanjar
NIDN0710037903

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Sentimen, Multinomial Naïve Bayes, Facial Wash, Shopee, Confusion Matrix.
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Farendika Rezzi | farendikaezzi@gmail.com
Date Deposited: 22 Aug 2025 08:06
Last Modified: 22 Aug 2025 08:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27431

Actions (login required)

View Item View Item