ANALISIS GEOMETRIK ALINYEMEN HORIZONTAL TERHADAP PENGARUH TINGKAT KEMIRINGAN ELEVASI RUAS JALAN KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER
ZUHRI, ACHMAD SAYFUDDIN (2025) ANALISIS GEOMETRIK ALINYEMEN HORIZONTAL TERHADAP PENGARUH TINGKAT KEMIRINGAN ELEVASI RUAS JALAN KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (900kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (32MB) |
![]() |
Text
DARTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini akan mengkaji bagaimana bermacam-macam tingkat kemiringan
elevasi di ruas jalan Sumbersari Kabupaten Jember memiliki ruas jalan yang tidak
hanya menghubungkan antarwilayah tetapi juga melintasi area dengan tingkat
kemiringan elevasi yang tidak sama. Salah satu ruas jalan yang menunjukkan
karakteristik ini adalah ruas jalan Kecamatan Lebih lanjut, desain tikungan (jari-jari
lengkung horizontal) harus mempertimbangkan gaya sentrifugal dan superelevasi
yang sesuai agar kendaraan dapat melaju dengan aman tanpa tergelincir atau keluar
jalur, terutama saat melintasi area, diantaranya ada 6 titik lokasi di kecamatan
sumbersari kabupaten jember dengan perbedaan elevasi diantaranya Jln.Tidar, Jln.
Tawang Mangu, Jln. Danau Toba 1, Jln. Danau Toba 2, Jln. Antirogo 1, Jln. Antirogo
2.
Data primer yaitu data yang didapat oleh perencana untuk maksut khusus
menyelesaikan permasalahan yang sedang ditangani. pengambilan data dilakukan
langsung di lapangan dimana lokasi penelitian dilakukan dengan bantuan alat
Theodolite. Jadi dari hasil perhitungan geomerik mendapatkan nilai perhitungan
panjang tikungan (Lc), superelevasi (c) jarak dari titik tengah busur lingkaran (Ts)
panjang busur (Es) sehingga dari semua keenam lokasi yang ada di kecamatan
sumbersari menghasilkan jenis tikungan yang di sebut Spiral-Circle-Spiral (SCS).
Dari hasil analisis terdapat adannya ketidaksesuaian eksisiting superelevasi dengan
kecepatan rencana 50 km/jam disetiap enam lokasi dikecamatan sumbesari,
superelevasi eksisting pada lokasi 1 yaitu 7,9%, lokasi 2 yaitu 7,4%, lokasi 4 yaitu
8,4%, lokasi 5 yaitu 8,3%, sesuai dengan surat edaran Direktorat Jendral Bina marga
dengan superelevasi jalan maksimum 8%. adapun ketiksesuaian eksisiting terdapat 2
lokasi,yaitu lokasi 3 yaitu 9,1% dan lokasi 6 yaitu 9,3% yang tidak sesuai dengan
Direktorat Jendral Bina marga.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHAMDUWIBAWA, ROFI BUDInidn0008057802Dosen PembimbingMANGGALA, ADHITYA SURYAnidn0727088701
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Jari-Jari horizontal;Superelevasi;Alinyemen horizontal; |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Achmad Sayfuddin Zuhri | achmadsayfuddins@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 07:52 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 07:52 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |