Analisis Kekuatan Material Baja S45C pada Perencanaan Arm dan Poros Penyangga Disc Brake Belakang Motor Skuter 2 Tak 150 CC

Anggraista, Alfian (2018) Analisis Kekuatan Material Baja S45C pada Perencanaan Arm dan Poros Penyangga Disc Brake Belakang Motor Skuter 2 Tak 150 CC. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1 HALAMAN COVER.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (482kB)

Abstract

Beberapa anggota komunitas sepeda motor sangat senang memodifikasi sepeda motornya, mulai dari body, mesin, pengapian, pembakaran sampai sistem pengereman. Sebagian besar motor vespa produksi piaggio dengan sistem 2 tak masih menggunakan tipe rem tromol, dimana tipe rem ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Akan tetapi ada sebagian pengguna vespa yang telah memodifikasi motornya sehingga mampu untuk melaju melebihi kecepatan maksimum. Dimana kecepatan maksimum vespa yaitu 100 km/jam, oleh karena itu di butuhkan sistem pengereman yang baik, agar saat motor digunakan pada kecepatan tinggi pengemudi tetap dapat mengendalikan arah laju kendaraan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu berdasarkan hasil simulasi stress, strain, displacement dan melakukan perbandingan nilai stress dengan angka keamanan menurut teori kegagalan MDET (Mises Distortion-Energy Theory) pada arm dan poros penyangga disc brake menggunakan material baja S45C didapat angka keamanan untuk arm penyangga sebesar 105 Mpa dan poros penyangga 52,5 Mpa, tegangan maksimal pada arm penyangga sebesar 9.994 Mpa, strain 3.774e-5 Mpa dan displacement 5,791e-3 mm sedangkan tegangan maksimal pada poros penyangga sebesar 24.621883 Mpa, strain 7.705e-2 Mpa dan displacement 1.381 mm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Arm dan Poros Penyangga Disc Brake, Perencanaan Elemen Mesin (Machine Design), Simulasi, Teori Kegagalan, Baja S45C
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 690 Planning, Anaysis, Engineering Design > 691 Building Material
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI21201#TEKNIK MESIN" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMufarida, Nely Ananidn0022047701
UNSPECIFIEDPN, Ardhi Fathonisyamnidn0728038002
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:42
Last Modified: 22 Nov 2019 02:42
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2844

Actions (login required)

View Item View Item